Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Cara Ganti DNS Google Chrome Desktop dan Android

Anom Penulis

Salah satu cara untuk membuka situs diblokir adalah dengan mengganti kode DNS. Kalau kamu pakai browser Google Chrome, jangan kuatir. Di sini tutorial bagaimana cara ganti DNS Google Chrome.

DNS adalah singkatan dari Domain Name System dan merupakan sistem untuk mengidentifikasi komputer, layanan, dan sumber lain yang bisa dijangkau oleh protokol jaringan internet.

Dengan menggunakan DNS bawaan dari provider, ada kemungkinan terdapat sistematika kontrol yang membatasi ruang gerak kita dalam menelusuri internet. Dengan kata lain, kemungkinan besar ada situs yang diblokir.

Tujuannya bisa baik. Salah satu tujuan blokir ini adalah keamanan dan kenyamanan. Misalnya mencegah anak di bawah umur atau mereka yang kurang paham resiko membuka situs berbahaya.

Tapi ada kalanya kita ingin bisa membuka beberapa situs tertentu dan terhambat. Misalnya situs komunitas Reddit untuk mencari informasi atau referensi. Oleh karena itu, kita perlu trik untuk melakukannya.

Mengganti DNS browser tidak serta merta bisa membuka semua situs. Dalam hal ini memakai VPN bisa jadi solusi lebih baik. Toh untuk beberapa keperluan, mengganti DNS sudah memadai.

Kode DNS Populer

Ada beberapa penyedia DNS Publik yang cukup populer. Masing-masing penyedia memiliki kode atau alamat DNS tersendiri.

Beberapa penyedia layanan DNS Publik beserta alamat/kodenya adalah:

  • Google8.8.8.8 dan 8.8.4.4
  • Cloudflare1.1.1.1 dan 1.0.0.1
  • OpenDNS – 208.67.222.222 dan 208.67.220.220
  • ClearBrowsing – 185.228.168.168 dan 185.228.169.168 (family filter), 185.228.168.10 dan 185.228.169.11 (filter konten dewasa), 185.228.168.9 dan 185.228.169.9 (keamanan)

Walau masing-masing memiliki alamat sendiri, biasanya di Chrome kita tinggal memilih nama penyedianya saja. Tidak perlu memasukkan kode alamat DNS satu persatu.

Cara Ganti DNS Google Chrome Desktop (Windows/macOS)

  1. Buka ‘Setting’ Google Chrome – Klik ikon menu di pojok kanan atas dan tekan pilihan ‘Setting’.
  2. Klik tombol menu di sidebar kiri dan pilih ‘Security and Privacy’.
  3. Tekan pilihan ‘Security’.
  4. Geser ke bawah samapai kamu menemukan bagian ‘Use secure DNS’ dan tekan pilihan kedua (with: [pilihan])
  5. Pilih salah satu DNS yang ada.
ganti dns google chrome

Di Google Chrome Android

  1. Di kotak alamat, tekan tombol menu dan tekan pilihan ‘ Settings’.
  2. Tekan pilihan ‘Privacy and security’.
  3. Tekan pilihan ‘Use secure DNS’.
  4. Pilih ‘Choose another provider’ dan tekan tanda panah untuk melihat pilihan.
  5. Pilih salah satu provider DNS.

Bagaimana dengan Google Chrome di iPhone? Sampai saat ini iOS baru mengijinkan mengganti DNS untuk jaringan WiFi dan kamu bisa melakukannya melalui ‘Pengaturan’. Jadi bukan pada aplikasi bersangkutan.

Pilih Ganti DNS Yang Mana?

Tiap penyedia DNS Publik pasti berusaha mengklaim kalau mereka adalah yang tercepat dan terbaik. Kalau kamu penasaran, ya boleh saja coba satu persatu. Tapi yang paling populer di antara semua pilihan di atas adalah Google dan Cloudflare.

Yah, kalau Google kamu mungkin sudah cukup tahu.

Sedangkan Cloudflare adalah perusahaan penyedia distribusi konten, pencegahan serangan DDOS, dan keamanan. Namanya pun sudah cukup terpercaya.

Cloudflare juga punya aplikasi untuk desktop dan smartphone, jika kamu juga ingin memanfaatkan layanan VPN mereka. Kamu bisa melihatnya di situs resmi.

Nah, itulah cara mengganti DNS Google Chrome, baik di desktop maupun di ponsel Android. Selamat mencoba.

    %d blogger menyukai ini: