ROG Strix G13
ROG Strix G13
ROG Strix G13

Cara Ganti DNS Google Chrome Desktop & Android dengan Mudah

cara ganti dns google chrome
sumber gambar: Unsplash/Franck

Cara ganti DNS Google Chrome merupakan metode untuk meningkatkan kecepatan internet dan juga untuk bisa mengakses situs-situs yang diblokir dengan mudah. Namun, tidak semua orang tahu cara ganti DNS Google Chrome, untuk itu artikel ini dibuat dengan tujuan memberikan tutorial ganti DNS dengan mudah.

Nah, tutorial ini bukan hanya berlaku pada desktop saja, karena kami juga memberikan tutorial ganti DNS untuk HP Android juga. Ingin tahu carnya? Kalau begitu, kamu bisa simak ulasan lengkapnya melalui penjelasan berikut ini.

Apa itu DNS?

Apa itu dns
sumber gambar: Unsplash/Sergey Zolkin

DNS, atau Domain Name System, adalah sistem yang berfungsi seperti buku telepon internet. Bayangkan setiap kali kamu ingin mengunjungi sebuah website, kamu harus mengingat deretan angka yang rumit, yang dikenal sebagai alamat IP.

Nah, DNS ini memudahkan proses tersebut dengan mengubah nama domain yang mudah diingat, seperti “www.google.com,” menjadi alamat IP yang dapat digunakan komputer untuk menemukan dan memuat website tersebut.

Cara kerjanya mirip ketika kamu mencari nomor telepon di kontak ponselmu; kamu tidak perlu mengingat semua nomor, cukup nama kontaknya saja. Demikian pula dengan DNS yang mengelola pertukaran informasi di belakang layar, sehingga kita bisa menggunakan internet dengan lebih mudah tanpa perlu menghafal serangkaian angka untuk setiap website yang ingin kita kunjungi.

DNS juga memainkan peran penting dalam mengelola lalu lintas internet, memastikan bahwa permintaan untuk mengakses sebuah situs diarahkan ke server yang tepat.

Kenapa Perlu Ganti DNS?

kenapa perlu ganti dns
sumber gambar: Unsplash/Emile Perron

Mengganti DNS bisa memberikan sejumlah manfaat untuk pengguna internet. Salah satu alasan utama mengganti DNS adalah untuk meningkatkan kecepatan browsing. Tidak semua penyedia layanan internet (ISP) memiliki server DNS yang cepat dan efisien. Dengan mengganti DNS yang lebih cepat, seperti Google DNS atau OpenDNS, kamu bisa mempercepat waktu muat halaman web.

Keamanan adalah alasan lain kenapa banyak orang memilih ganti DNS. Beberapa penyedia DNS menawarkan perlindungan tambahan terhadap phishing dan malware dengan memblokir akses ke situs yang berpotensi berbahaya sehingga bisa membantu melindungi data pribadi kamu dari serangan cyber.

Baca Juga: Laptop Tipis Terbaik

Tak hanya itu, keamanan privasi menjadi alasan utama banyak orang mengganti DNS, karena beberapa ISP akan mencatat history browsing kamu. Penyedia DNS tertentu memiliki kebijakan privasi yang lebih kuat, di mana mereka mengumpulkan data yang lebih sedikit tentang aktivitas online kamu atau tidak menyimpan log permintaan DNS sama sekali.

Selain itu, mengganti DNS juga bisa membuka situs-situs yang diblokir. Terakhir, beberapa DNS menawarkan fitur tambahan seperti parenting control untuk memblokir konten yang tidak pantas diakses oleh anak-anak.

Jadi, mengganti DNS itu tujuannya beragam, dan banyak tujuan positif juga seperti yang sudah dipaparkan di atas. Lantas, apa saja kode DNS populer di kalangan

Kode DNS Populer

kode dns populer
sumber gambar: Unsplash/Solen Feyissa

Ada beberapa penyedia DNS Publik yang cukup populer. Masing-masing penyedia memiliki kode atau alamat DNS tersendiri. Beberapa penyedia layanan DNS Publik beserta alamat/kodenya adalah:

1. Google Public DNS

Google Public DNS memiliki alamat IP: 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. Google Public DNS ini dikenal karena kecepatannya yang tinggi. Google juga menekankan pada keamanan dengan meminimalisir risiko serangan DNS cache poisoning dan serangan lainnya.

2. OpenDNS:

Selain Google, ada juga Open DNS dengan alamat IP: 208.67.222.222 dan 208.67.220.220. OpenDNS menawarkan fitur keamanan tambahan dan filter konten yang bisa dikustomisasi, yang membuatnya menjadi pilihan populer untuk keluarga dan bisnis yang ingin mengontrol akses internet.

Baca Juga: Laptop Gaming Terbaik

3. Cloudflare DNS:

Dengan alamat IP: 1.1.1.1 dan 1.0.0.1, Cloudflare menjanjikan privasi pengguna sebagai prioritas utama, dengan klaim tidak menyimpan log IP pengguna. Selain itu, Cloudflare juga terkenal dengan kecepatan proses DNS-nya.

4. Quad9

Selanjutnya ada Quad9 yang menekankan pada keamanan dan privasi. DNS ini secara otomatis memblokir akses ke situs berbahaya sambil menjaga anonimitas pengguna. Untuk alamat IP-nya adalah 9.9.9.9 dan 149.112.112.112.

5. Comodo Secure DNS

Kemudian, ada Comodo Secure DNS dengan alamat IP 8.26.56.26 dan 8.20.247.20. Comodo Secure DNS menawarkan solusi yang lebih aman dan lebih cepat dibandingkan dengan DNS yang disediakan ISP, dengan penekanan pada keamanan dan filter konten.

6. ClearBrowsing

Satu lagi DNS populer, yaitu ClearBrowsing. Di sini ada tiga pilihan kode DNS, yaitu 185.228.168.168 dan 185.228.169.168 (family filter), 185.228.168.10 dan 185.228.169.11 (filter konten dewasa), 185.228.168.9 dan 185.228.169.9 (keamanan). Tinggal kamu pilih sesuai kebutuhan.

Setiap DNS ini memiliki kebijakan privasi dan fitur keamanan yang berbeda, sehingga penting untuk memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan prioritas kamu, ya.

Cara Ganti DNS Google Chrome

Walau masing-masing memiliki alamat sendiri, biasanya di Chrome kita tinggal memilih nama penyedianya saja. Tidak perlu memasukkan kode alamat DNS satu persatu.

Cara Ganti DNS Google Chrome Desktop (Windows/macOS)

Cara Ganti DNS Google Chrome Desktop (Windows macOS)
sumber gambar: Urbandigital

1. Klik ikon menu ⋼ di pojok kanan atas dan tekan pilihan ‘Setting‘.

2. Klik tombol menu ☰ di sidebar kiri dan pilih ‘Security and Privacy‘.

3. Tekan pilihan ‘Security‘.

4. Geser ke bawah samapai kamu menemukan bagian ‘Use secure DNS‘ dan tekan pilihan kedua.

5. Pilih salah satu DNS yang ada.

Baca Juga: Laptop Terbaik untuk Mahasiswa

Cara Ganti DNS Di Google Chrome Android

1. Di kotak alamat, tekan tombol menu ⋼ dan tekan pilihan ‘⚙ Settings‘.

Cara Ganti DNS Di Google Chrome Android 1
sumber gambar: Urbandigital

2. Tekan pilihan ‘Privacy and security‘.

Cara Ganti DNS Di Google Chrome Android 2
sumber gambar: Urbandigital

3. Tekan pilihan ‘Use secure DNS‘.

4. Pilih ‘Choose another provider‘ dan tekan tanda panah â–Ÿ untuk melihat pilihan.

5. Pilih salah satu provider DNS.

Cara Ganti DNS Di Google Chrome Android 3
sumber gambar: Urbandigital

Bagaimana dengan Google Chrome di iPhone? Sampai saat ini iOS baru mengizinkan mengganti DNS untuk jaringan WiFi dan kamu bisa melakukannya melalui ‘Pengaturan’. Jadi bukan pada aplikasi bersangkutan.

Tips Memilih DNS yang Tepat

tips memilih dns
sumber gambar: Unsplash/Jonathan Kemper

Memilih DNS yang tepat bukan hanya sekedar kecepatan akses internet saja, tetapi juga tentang menjamin keamanan dan privasi digitalmu. Untuk itu, lakukan tes kecepatan pada berbagai server DNS dan pilihlah DNS yang memberikan respons tercepat di lokasimu.

Baca Juga: Handheld Konsol Game Terbaik

Keamanan juga menjadi hal yang penting; jadi cari dan pilihlah penyedia DNS yang menawarkan perlindungan terhadap ancaman online seperti phishing dan malware, serta yang tidak menyimpan log akses internetmu.

Pertimbangkan juga fitur tambahan seperti filter konten untuk akses internet yang lebih aman bagi anak-anak. Dengan mempertimbangkan semua aspek ini, kamu bisa mendapatkan DNS yang cepat, aman. dan sesuai dengan kebutuhan pribadi atau profesionalmu.

Nah, itulah cara mengganti DNS Google Chrome, baik di desktop maupun di ponsel Android. Jika punya tips dan trik lainnya, coba diskusikan di kolom komentar, ya.