Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Menggunakan Gambar dari Aplikasi Photos Mac ke Program Lain

aplikasi photos mac
Anom Penulis

Aplikasi Photos di Mac merupakan pustaka gambar, tempat semua foto koleksi kita dikumpulkan jadi satu. Idealnya seperti itu. Tapi untuk digunakan bersama aplikasi editor foto lain, aplikasi Photos kurang nyaman dipakai.

Sebagai contoh, kalau kamu sering berkutat dengan aplikasi editor foto lain seperti Photoshop, Pixelmator, dll. Kamu akan menemui kalau membuka foto yang ada di aplikasi Photos ke program bersangkutan tidak semudah itu.

popculture.id

Cara standarnya adalah membuka gambar melalui File > Open di menu bar aplikasi (Photoshop, Pixelmator, dll). Kemudian membuka folder Photos, mencari foto yang bersangkutan, baru bisa membukanya.

Proses geser dan letakkan (drag and drop), seperti dari Finder, tidak bisa langsung dilakukan. Di aplikasi Photos pun — kalau kita tap dua jari alias klik kanan — tidak ada pilihan ‘Open with…’ atau ‘Edit with…’.


Baca juga: Macro: Editor Foto untuk Mac yang Gratis, Ringan dan Handal


Hal ini merupakan salah satu hal yang tidak saya pahami di ekosistem Mac. Apalagi sampai beberapa tahun lalu pengguna Mac masih terkenal berhubungan dengan dunia kreatif (sekarang sudah lebih luas). Tentunya penggunaan aplikasi pihak ketiga sering digunakan.

Anyway, ada cara lain untuk melakukannya. Sayangnya, bukan langkah yang lebih mudah atau lebih cepat, tapi mungkin lebih nyaman.

Bagaimana membuka gambar dari Photos App ke aplikasi lain

Ada beberapa pilihan cara membuka gambar dari aplikasi Photos yang bisa dilakukan. Tergantung mana yang kalian suka.

Drag and drop

  1. Pilih gambar yang mau dibuka / diedit di aplikasi Photos.
  2. Geser dan taruh foto tersebut di desktop atau folder lain.
  3. Geser dan letakkan gambar dari desktop atau folder tadi ke aplikasi tujuan; bisa juga klik kanan (tap dua jari / control click) file gambar yang bersangkutan dan pilih ‘Open with…‘.

Ekspor gambar

  1. Pilih gambar yang mau dibuka / diedit.
  2. Tergantung kualitas gambar yang kalian inginkan, ada tiga cara yang bisa dipilih:
    • Tekan File > Export X Photo… ⇧⌘E (X adalah jumlah foto yang dipilih) di menu bar, untuk menentukan format file, kualitas, profil warna, ukuran, dll sesuai kebutuhan.
    • Tekan File > Export Unmodified Original for X Photo di menu bar, untuk memindah gambar sesuai file aslinya.
  3. Kalau memilih cara ekspor, tekan tombol ‘Export‘ dan pilih folder untuk menyimpan gambar tersebut.
  4. Geser dan letakkan gambar dari folder pindahan ke aplikasi tujuan, atau klik kanan (tap dua jari atau control click juga bisa) file gambar yang bersangkutan dan pilih ‘Open with…‘.

membuka gambar dari aplikasi Photos di Mac

Melihat berkas gambar aplikasi Photos di Finder

  1. Pilih gambar yang mau dibuka / diedit.
  2. Klik kanan (tap dua jari atau control click) berkas foto tersebut.
  3. Pilih ‘Show Reference File in Finder‘.
  4. Finder akan menunjukkan letak file gambar tersebut.
  5. Geser dan letakkan gambar dari folder pindahan ke aplikasi tujuan, atau klik kanan (tap dua jari atau control click juga bisa) file gambar yang bersangkutan dan pilih ‘Open with…‘.

Harap diperhatikan, cara ini baru bisa digunakan kalau kamu memilih tidak mengimpor foto ke aplikasi Photos. Silakan lihat di pengaturan aplikasi Photos (Photos > Preferences > General > ☐ Copy items to Photos library).

Kalau kamu memilih mengimpor foto ke library aplikasi Photos, maka pilihan ‘Show Reference File in Finder‘ tidak bisa diklik (non-aktif).


Baca juga: Cara Mengganti Aplikasi Email Default di Mac


Seperti yang sudah saya sebutkan, cara alternatif ini sebenarnya juga tidak efisien. Tetap dua kali kerja. Pada akhirnya, untuk menggunakan gambar dari aplikasi Photos, kita tetap harus memakai Finder.

Tapi kalau dibandingkan dengan memilih gambar dari jendela ‘Open‘ di aplikasi lain, cara alternatif ini lebih nyaman. Kita bisa memilih gambar dengan tampilan yang lebih baik di aplikasi Photos.

Pilihan lainnya, untuk gambar yang akan diedit lebih jauh, gunakan folder lain terlebih dahulu. Hal ini akan lebih mempermudah proses.

    %d blogger menyukai ini: