Cara Menggunakan Fitur Kode Verifikasi (2FA) Bawaan iPhone

Otentikasi 2 faktor (2 Factor Authentication / 2FA) merupakan cara mengamankan akun kita setahap lebih baik dari sekedar memakai kata kunci atau password saja. Sejak iOS 15, Apple memberikan fitur kode verifikasi 2FA itu secara bawaan di iPhone.

Cara kerja 2FA mirip dengan OTP. Namun, alih-alih menggunakan sarana pesan, kode akan muncul melalui aplikasi authenticator atau password manager. Kamu kemudian memasukkan kode verifikasi dari aplikasi itu sebagai konfirmasi login.

Apple sendiri sudah memiliki fitur Keychain di semua perangkatnya yang bertindak sebagai password manager. Sejak iOS 15, Apple juga menambahkan fitur kode verifikasi untuk memenuhi kebutuhan 2FA.

Tapi bagaimana cara menggunakannya?

Cara Menggunakan 2FA Bawaan iPhone

Ketika kamu mau menggunakan fitur kode verifikasi ini, kamu tentu harus mengaktifkan otentikasi 2 faktor alias 2FA itu di aplikasi bersangkutan. Misalnya di akun Discord, Gmail, Instagram, Twitter, dll.

Saat kamu mengaktifkan 2FA, kamu akan menerima kode untuk memberi konfirmasi hubungan otentikasi itu dengan ponsel. Nah, kamu perlu memasukkannya ke dalam Keychain aplikasi bersangkutan.

Ini cara mengaktifkan kode verifikasi di iPhone.

  1. Buka pengaturan iPhone, dan masuk ke bagian ‘Password‘.
  2. Cari dan masuk ke pilihan aplikasi bersangkutan (di sini kami pakai contoh Discord).
  3. Tekan ‘Set Up Verification Code…
  4. Pilih ‘Enter Setup Key‘ (kamu juga bisa pindai QR code).
  5. Masukkan kode yang muncul di aplikasi bersangkutan, lalu tekan ‘OK‘.
  6. iPhone akan memunculkan kode verifikasi untuk aplikasi bersangkutan. Copy dan paste kode itu di aplikasi bersangkutan sebagai konfirmasi.

Sekarang, seharusnya setiap kamu mau login ke aplikasi bersangkutan dan harus mengisi kode verifikasi 2FA, Keychain di iPhone milikmu akan membantu mengisinya.

Dengan begitu, kalau kamu memakai ekosistem Apple, maka kemungkinan besar kamu tidak akan membutuhkan aplikasi authenticator pihak ketiga lagi. Karena integrasi antar perangkat juga mengijinkan kamu mengakses Keychain di semua perangkat yang terhubung dengan Apple ID milikmu.

Selamat mencoba.

%d blogger menyukai ini: