Mengintip Kampus Baru Huawei yang Bergaya Ala ‘Disneyland’

Huawei telah membangun kampus baru di kota Dongguan, Cina. Kira-kira seperti apa ya tampilan kampus tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Markas lawas Huawei terletak di Shenzhen, Cina. Beberapa jam dari kota tersebut, tepatnya di kota Dongguan, Huawei membangun sebuah kampus baru yang dinamakan Ox Horn Campus.

Kampus tersebut dapat menampung 25.000 karyawan R&D. Alih-alih membangun kampus dengan tampilan canggih, Huawei justru mendesain kampus bergaya Eropa klasik.

Kampus ini disebut-sebut mirip dengan Disneyland lho. Bangunan tersebut terdiri dari 12 distrik kecil, yang dihubungkan dengan rel kereta.

Tampilan Kampus Huawei

Sumber Gambar : Lowyat

Kampus Huawei memiliki ukuran empat kali lebih luas dari Walt Disney Park, yaitu 296 hektar. Lahan tersebut akan melebar jadi 1.976 hektar jika dijumlah dengan pabrik seberang danau.

Setiap mini-distrik disebut sebagai ‘city’ oleh beberapa karyawan Huawei. Masing-masing distrik memiliki bangunan megah, jalanan berbatu, dan taman yang dipenuhi tanaman hijau.

Huawei sempat mengajak beberapa media teknologi untuk mengelilingi bangunan itu. Tur dimulai dari sebuah kedai kopi, lalu naik Huawei Dongguan Train dan dibawa keluar menikmati suasana kampus.

Huawei benar-benar merancang bangunan dengan sangat matang. Saat keluar kampus, kalian dapat melihat area bergaya Paris, Burgundy, Heidelberg, Cesky Krumlov dan Bologna.

Saat berada di area kampus, kalian mungkin lupa jika sedang berada di Cina. Sebab taman yang ada di kampus, bertolak belakang dengan desain taman Cina yang kental dengan aksen Asia.

Kenapa Desain Kampus Disebut Ala ‘Disneyland?’

Mungkin kalian penasaran alasan kampus ini tidak dibuat dengan desain seperti perusahaan besar. Apalagi kampus tersebut dibangun oleh salah satu perusahan teknologi terkemuka di dunia.

Sebenarnya Huawei memiliki filosofi dibalik pembangunan kampus di Dongguan. Pendiri dan CEO Huawei, Ren Zhengfei ingin karyawannya bekerja di tempat yang mereka anggap damai.

Inilah alasan Huawei memiliki kota Dongguan. Sebab kota tersebut jauh dari aktivitas metropolitan seperti di Kawasan Shenzhen, markas utama Huawei.

Sementara itu, Ren juga ingin karyawannya mengenang kenangan indah di masa lalu. Inilah alasan dibalik desain bangunan yang mirip dengan Disneyland.

Dilengkapi Teknologi Canggih

Meski memiliki desain klasik yang amat kental, namun kampus Huawei dilengkapi teknologi canggih. Kampus tersebut dilengkapi jaringan 5G di seluruh area.

Kampus ini layaknya ‘smart city’ dengan adanya sensor pemantau konsumsi daya. Tidak hanya itu, ada pula sensor pemantau kualitas udara, hingga kamera keamanan di seluruh area kampus.

Jadi saat berkunjung ke kampus tersebut, pengunjung yang membawa anak-anak tidak perlu khawatir. Sebab keamanan pengunjung telah dijamin dengan kamera pengintai.

Tidak hanya itu, Huawei juga menerapkan kamera pengenal wajah. Hal ini berguna untuk mengidentifikasi setiap orang yang berkunjung ke kampus.

Bagaimana, apa kalian tertarik mengunjungi kampus baru Huawei?

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: