RUMOR: Huawei Akan Rilis Mate 30 Pro di Bulan September

Gambar: /Leaks

Walau masih menghadapi terpaan berat, Huawei tetap akan merilis ponsel terbarunya. Rumor menyebutkan kalau Huawei akan rilis smartphone Mate 30 Pro di bulan September.

Huawei memang menghadapi tekanan berat di pertengahan tahun 2019 sejak masuk daftar hitam pemerintah Amerika. Toh Huawei membuktikan mampu bertahan.

Perusahaan raksasa dari Cina ini tetap berhasil mempertahankan posisi ke-2 di pangsa pasar smartphone internasional. Secara ironis, Apple beserta iPhone terancam turun ke peringkat 4.

Selain itu, Huawei juga mengumumkan sistem operasinya sendiri yang bernama Harmony OS. Walau saat ini masih dibuat untuk beberapa perangkat selain ponsel, Harmony OS disebut bisa berfungsi di berbagai perangkat. Toh, Huawei menyebutkan kalau mereka tetap bertahan dengan Android untuk smartphone.

Tanggal Rilis Huawei Mate 30 Pro

Kembali ke rumor yang beredar, Huawei disebut akan merilis Mate 30 Pro pada tanggal 19 Agustus 2019. Rumor soal tanggal rilis ini cukup menarik.

Kalau bulan Agustus menjadi “bulan Samsung”, biasanya bulan September adalah “bulan iPhone”. Karena Apple biasanya merilis ponsel andalannya di bulan tersebut.

Huawei sendiri biasanya mengumumkan seri Mate pada bulan Oktober. Tentunya sebagai jawaban atas rilis dari iPhone, namun sedikit menunggu “hype” mereda.

Kalau rumor ini benar, maka Huawei menunjukkan kepercayaan diri yang besar. Mereka akan maju selangkah dan berhadapan muka dengan Apple. Huawei Mate vs iPhone!

Bocoran Desain Mate 30 Pro

Seri Huawei Mate biasanya meneruskan teknologi yang ada di seri P. Walau begitu, Huawei memberikan pendekatan desain tampilan yang berbeda di antara seri Mate dan seri P.

Selain rumor tanggal rilis Mate 30 Pro, ada juga beredar bocoran gambar render ponsel tersebut. Gambar render itu berasal dari produsen casing ponsel. Di sana, terlihat ada sedikit perubahan desain.

Gambar render (foto: /Leaks)

Terus terang, gambar render ini masih terlihat kasar, tidak sehalus biasanya. Jadi masih sedikit meragukan.

Walau begitu, cukup menarik melihat perubahan yang terjadi. Yang pertama, ada desain melingkar untuk bagian kamera. Sebelum ini, di Huawei Mate 20, desainnya berbentuk kotak dengan sudut melengkung.

Di samping itu, gambar render juga menunjukkan kalau tidak ada colokan audio 3,5mm. Hm, hal satu ini sudah tidak terlalu mengherankan. Sedangkan di bagian atas terdapat notch yang cukup besar. Dugaannya adalah sebagai tempat berbagai sensor pengenalan wajah.

Huawei Mate 30 disebut akan memakai chipset baru Kirin 990 dan akan dirilis pada tanggal 19 September 2019 di Eropa. Sekali lagi, kalau benar, rilis tersebut layak ditunggu.