Cara Mengunci Chrome Pakai Kata Sandi Biar Tetap “Aman”

Takut ada orang yang iseng buka browser Chrome-mu? Tenang, coba saja cara mengunci browser Chrome pakai kata sandi berikut ini.

Setiap orang tentu saja punya privasi. Baik saat chat sama orang lain di media sosial, nonton video di YouTube, sampai searching informasi di internet, semuanya termasuk privasi yang harus dijaga.

Meski begitu, ada banyak lho yang suka usil sama privasi orang lain. Contohnya diam-diam suka kepo dengan chat WhatsApp orang lain (kamu bisa coba cara kunci WhatsApp pakai sidik jari untuk mencegahnya), hingga kepoin riwayat pencarian orang lain di browser.

Nah khusus buat kamu yang suka khawatir browser-mu diam-diam dibuka orang lain, nggak perlu khawatir. Kamu bisa kok mengunci browser-mu.

Kali ini saya akan bagikan tutorial cara mengunci browser Chrome pakai kata sandi. Kenapa saya pilih Chrome? Karena dia adalah browser yang paling banyak dipakai orang.

Cara Mengunci Chrome dengan Kata Sandi

Kalau misalnya kamu berbagi perangkat dengan orang lain, sebaiknya kunci saja browser-mu. Dengan memasukkan kata sandi, itu nggak akan memakan banyak waktumu. Tapi di sisi lain metode ini bakal melindungi privasimu.

Sayangnya sampai sekarang Google belum menyediakan fitur bawaan buat mengunci Chrome. Jadi mau nggak mau, kamu harus memanfaatkan ekstensi dari pihak ketiga.

Sebagai contoh, di sini saya menyarankan kamu untuk pakai ekstensi “Browser Lock | Lock Your Browser” (ekstensi ini bisa kamu pakai juga di Microsoft Edge dan Opera lho).

Untuk cara mengunduh sampai pengaturannya, ikuti langkah-langkah ini:

  • Klik ikon menu (titik tiga) di sudut kanan Chrome.
  • Klik menu “More Tools > Extensions.”
  • Klik menu “Extensions” yang ada di sudut kiri halaman ekstensi.
  • Tekan menu “Open Chrome Web Store” yang ada di bagian paling bawah.
  • Di kolom “Search the store,” ketikkan “Browser Lock | Lock Your Browser.”
  • Setelah hasil pencarian keluar, klik ekstensi tersebut.
  • Tap menu “Add to Chrome.”
  • Setelah proses pemasangan selesai, klik ikon ekstensi dan pilih “Change Settings” untuk mendaftar.
  • Masukkan kata sandi dan email-mu.

Setelah pendaftaran selesai, Chrome bakal membawamu ke halaman baru untuk mengonfigurasi pengaturan.

Sumber : Make Use Of

Secara default, ekstensi ini akan mengaktifkan fitur “Browser Lock.” Untuk mencegah seseorang menebak kata sandimu, kamu bisa aktifkan fitur “Deep Security.” Ini adalah fitur yang bakal mengunci opsi login selama tiga menit, setelah tiga kali upaya login gagal.

Satu lagi fitur yang sebaiknya kamu aktifkan, yakni “Password Recovery.” Fitur ini akan mencegahmu terkunci di dalam browser-mu sendiri. Yah siapa tahu kamu tiba-tiba lupa kata sandi browser-mu. Bakal repot juga kan?

Nah sekarang setelah kamu selesai menambahkan kata sandi dan mengonfigurasi pengaturan, kamu bisa mengunci browser. Caranya sematkan ekstensi tersebut ke Toolbar Chrome. Setelah itu klik ikon ekstensi dan pilih “Browser.”

Sumber : Make Use Of

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah klik kanan di mana saja pada layar. Lalu arahkan kursor ke “Browser Lock” dan pilih menu “Lock Browser.”

Nanti saat kamu mengunci browser-mu, Browser Lock akan menampilkan jendela untuk masuk. Untuk membukanya, masukkan kata sandimu dan klik tombol “Sign In.”

Jika kamu tiba-tiba lupa kata sandi, kamu bisa klik ikon Menu di sudut kanan atas. Lalu kamu bisa pulihkan kata sandimu.

%d blogger menyukai ini: