Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Cara Menyembunyikan Email Pribadi dengan Firefox Relay

firefox relay
Anom Penulis

Apa kamu kuatir email pribadi tersebar ke mana-mana ketika mendaftar berbagai layanan atau aplikasi? Salah satu yang bisa membantu menyembunyikan email pribadi adalah Firefox Relay, yang memberikan alias atau email palsu yang bisa kamu pakai.

Secara sederhana, Firefox Relay merupakan layanan dari Mozilla yang serupa dengan Hide My Email dari Apple. Layanan ini akan menambah keamanan, terutama bagi kamu pengguna browser Firefox.

Kamu bisa memakai email alias ketika mendaftar layanan atau aplikasi yang mungkin tidak terlalu penting atau mencurigakan. Tentu saja, untuk layanan dan aplikasi yang membutuhkan verifikasi identitas, kamu tetap harus memakai email aslimu.

Firefox Relay bisa kamu gunakan secara gratis dan mendapat sampai 5 email alias. Namun jika kamu berlangganan bulanan, kamu bisa mendapat email alias tanpa batas, subdomain, bisa membalas email,dan bisa memakainya secara offline.

Menyembunyikan Email dengan Firefox Relay

Kamu bisa mendaftar di relay.firefox.com. Jika sudah mendaftar, kamu akan melihat satu email alias yang bisa kamu pakai. Kamu bisa menambahnya dengan menekan tombol + Generate New Alias.

menyembunyikan email dengan alias

Kalau kamu memakai browser Firefox, kamu bisa memasang add-on supaya pemakaiannya lebih mudah. Kamu bisa klik ikon Firefox Relay untuk membuat alias baru dan menyembunyikan email asli milikmu.

Karena akun Firefox Relay yang gratis membatasi pemakaian alias hanya sampai 5 buah. Kalau kamu mau menggunakan lagi salah satu alias, kamu harus membuka situs Relay dan copy alias-mu lalu paste di tempat yang kamu butuhkan.

Hal ini memang agak merepotkan. Akan lebih mudah misalnya jika Mozilla menampilkan email alias itu di pop-up add-on. Yah, seperti di aplikasi password manager.

Yang Perlu Diketahui Soal Firefox Relay

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui jika memakai Firefox Relay. Info ini penting supaya kamu tidak salah paham.

Email alias akan meneruskan surel ke email aslimu. Jadi, memakai alias tidak menyaring spam. Tapi kamu bisa mengenalinya dengan lebih mudah untuk kamu tandai kemudian.

Untuk saat ini, Firefox Relay belum punya aplikasi mobile. Jadi kamu harus mengaksesnya melalui browser. Tentu akan lebih mudah jika kamu pakai browser Firefox.

Mozilla menyebutkan jika suatu hari layanan Firefox Relay dihentikan, kamu akan menerima pemberitahuan sebelumnya. Sehingga kamu bisa mengganti email yang terdaftar terlebih dulu. Yah, sayangnya beberapa layanan Firefox memang ditutup. Misalnya Lockwise yang merupakan password manager.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui soal menyembunyikan email dengan alias dari layanan Firefox Relay. Selamat mencoba.

    %d blogger menyukai ini: