Cara Menyimpan Gambar Dari Microsoft Word

gambar ms word

Apa kamu sedang mencari bagaimana cara menyimpan gambar dari Microsoft Word? Kalau iya, tenang. Di sini kamu bisa mengikuti tutorialnya. Mudah kok.

Mungkin kamu memang akan lebih sering memasang gambar di dokumen daripada mengambil gambar. Tapi bukan tidak mungkin ada gambar di sebuah dokumen yang kamu terima harus kamu simpan dan kamu pakai lagi.

Nah, waktu mau ambil gambar dari dokumen Word, kadang kita berpikir terlalu rumit. Kita mencari alat untuk menyimpan gambar dari bagian ribbon MS Word. Hm, kemungkinan besar, kamu tidak akan menemukannya.

Padahal ada cara yang jauh lebih sederhana, yang kadang terlewati.

Di MS Word Desktop

Cara menyimpan gambar dari dokumen MS Word adalah klik kanan pada gambar tersebut dan klik Save as Picture‘ pada menu yang muncul. Kemudian kamu tinggal menentukan mau menyimpan di mana dan beri nama gambar tersebut.

Harap perhatikan. Saat artikel ini ditulis, cara itu baru berlaku untuk program Microsoft Word di desktop. Pilihan ‘Save as Picture’ belum ada di Microsoft Word Online.

Di MS Word Online

Lalu apa yang bisa kita lakukan bila memakai Office Online? Kalau kamu mau memakai ulang sebuah gambar dari dokumen di MS Word Online, yang perlu kamu lakukan adalah menyalin (copy) gambar itu dan menempelkannya (paste) di dokumen baru.

Cara copas gambar ini juga bisa kamu pakai di aplikasi Office di Android maupun iOS. Walau, yah… karena layarnya kecil prosesnya jadi sedikit ribet. Tapi pada dasarnya kamu bisa mengambil gambar dari dokumen Word satu dan menempelnya di dokumen lain.

Pilihan Lain

Tentu cara lain yang tidak kalah mudah adalah membuat tangkapan layar (screenshot) dari dokumen itu, lalu potong (crop) sesuai bidangnya. Walau mudah, sisi buruknya adalah bisa saja kamu mendapat gambar berkualitas rendah (tergantung layar) dan agak repot karena harus edit gambar.


Itulah beberapa cara menyimpan gambar dari MS Word. Silakan pilih mana yang sesuai dengan situasimu.

Yah, memang ada beberapa fitur di MS Word yang agak tersembunyi atau kita belum paham memakainya dengan benar. Misalnya mengatur spasi atau membuat judul dengan benar. Kalau kamu sudah mengenalnya, kamu akan tahu kenapa MS Word jadi program pengolah kata paling populer.

%d blogger menyukai ini: