Meta, melalui CEO-nya Mark Zuckerberg, memperkenalkan fitur baru Instagram untuk content creator yang disebut Broadcast Channel.
Secara sederhana, Broadcast Channel Instagram adalah sebuah alat mengirim pesan satu-orang-untuk-semua. Jadi content creator sebagai pemilik channel bisa membuat pengumuman atau berbagi banyak hal secara lebih personal pada follower-nya.
Pemilik channel bisa mengirim tidak hanya teks, tapi juga voice note, foto, video, dan membuat polling. Oya, hanya pemilik channel yang bisa mengirimkan pesan. Followerchannel hanya bisa memberi reaksi dan memberikan suara pada polling.
Begini tampilan Broadcast Channel milik Meta, tempat Mark Zuckerberg mengumumkan fitur ini.
Broadcast Channel terletak di Inbox Instagram. Saat seorang content creator menggunakan fitur ini dan mengirim pesan untuk pertama kali, para follower akan menerima notifikasi untuk bergabung di dalamnya. Ya, untuk bisa melihat konten bradcast, kamu harus menjadi follower terlebih dahulu.
Selain itu, content creator bisa juga mempromosikan channel mereka dengan memanfaatkan stiker “Join channel” di Instagram Story. Mereka juga bisa menyematkan (pin) channel mereka di Profil.
Kreator yang memiliki program Langganan (Subscription) bisa memilih apakah Broadcast Channel Instagram mereka ditujukan untuk semua follower atau hanya untuk follower yang berlangganan saja untuk konten eksklusif.