Aplikasi Microsoft Authenticator Kini Bisa Isi Password Otomatis

microsoft authenticator logo
Anom Penulis

Aplikasi buatan Microsoft yang awalnya hanya untuk memberikan otentikasi kini lebih mendekati fungsi sebagai aplikasi password manager. Ya, sekarang kamu bisa memakai Microsoft Authenticator untuk isi password alias kata sandi secara otomatis.

Seperti namanya, Microsoft Authenticator berangkat sebagai aplikasi 2FA (2 Factor Authentication / Otentikasi 2 Langkah). Aplikasi ini berguna menggantikan sistem OTP untuk layanan tertentu. Jika OTP mengirim kode melalui SMS, aplikasi 2FA menyediakan sinkronisasi kode melalui aplikasi.

Kemudian Microsoft menambahkan fungsi untuk menyimpan password di aplikasi tersebut. Lalu kini, Microsoft melengkapi lagi aplikasi itu dengan fitur lain, yaitu autofill alias isi password otomatis. Hal itu Microsoft umumkan melalui situs resmi.

Selain bisa mengisi password secara otomatis, Microsoft Authenticator juga dilengkapi dengan fitur lain yang biasanya ada di aplikasi password manager. Fitur itu adalah membuat kata sandi.

Jadi boleh dibilang sekarang Microsoft Authenticator sudah jadi aplikasi password manager sepenuhnya.

Kalau kamu mau pakai aplikasi ini untuk membuat, menyimpan, dan mengisi kata sandi untuk berbagai akun, kamu bisa mengunduhnya baik untuk Android maupun iPhone.

Sedangkan untuk komputer, fungsi mengelola kata sandi ini sudah menjadi fitur bawaan di browser Microsoft Edge. Nah, kalau kamu memakai Chrome, Microsoft juga sudah menyediakan ekstensi untuk browser itu.

Sayangnya, karena masih terikat pada browser komputer, kamu belum bisa mengelola atau mengisi password pada aplikasi di luar browser. Padahal beberapa password manager lain sudah punya aplikasi desktop tersendiri.

Tapi kalau kamu memang tertarik dengan aplikasi Microsoft Authenticator untuk menyimpan dan mengisi password, silakan unduh aplikasinya di App Store, Play Store, atau di Chrome Web Store (ekstensi Chrome).

    %d blogger menyukai ini: