Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Microsoft Edge Akan Punya Fitur Seperti VPN Secara Bawaan

Anom Penulis

Browser bawaan Windows, Microsoft Edge, akan mendapat fitur baru, yaitu perlindungan koneksi seperti VPN yang disebut Secure Network. Fitur ini merupakan hasil kerja sama Microsoft dengan Cloudflare.

Ketika artikel ini ditulis, fitur Microsoft Edge Secure Network ini memang belum rilis. Seperti disebutkan di halaman dukungan Microsoft, fitur ini masih dalam tahap preview alias uji coba. Namun kita bisa berharap kalau fitur ini memang akan meluncur ke publik.

Lalu apa fungsi Microsoft Edge Secure Network ini?

Fitur ini membawa fungsi yang mirip dengan VPN ke browser Microsoft Edge. Secure Network akan mengenkripsi koneksi, mencegah pelacakan online, dan tidak memberitahu lokasimu. Pengguna bisa memanfaatkan fitur ini secara gratis sampai dengan 1GB transfer data per bulan, jika masuk dengan akun Microsoft di Edge.

Nantinya pengguna bisa mengaktifkan fitur ini dari menu yang ada di browser. Kemudian, ada indikator yang memberitahu kalau fitur ini aktif, beserta jumlah pemakaian transfer data.

Seperti disebut di atas, fitur ini merupakan hasil kerja sama Microsoft dengan Cloudflare. Jadi tidak heran kalau fitur ini mirip dengan layanan 1.1.1.1 (DNS) dan Warp (VPN) dari Cloudflare. Bukan tidak mungkin jika nanti kita sudah mencapai batas pemakaian Secure Network, kita akan ditawari pembelian paket lebih. Mungkin.

Saat ini, sebenarnya kamu juga sudah bisa memakai sedikit fitur ini (mengakses website yang diblokir dan menyembunyikan lokasi) dengan mengganti DNS browser. Karena Edge berbasis Chromium, maka caranya sama dengan mengganti DNS di Chrome.

Sebelum Microsoft Edge, Opera sudah terlebih dulu menawarkan layanan VPN bawaan di browser. Sedangkan Firefox menawarkan layanan VPN sebagai fitur premium alias berbayar.

Google Chrome memang masih menjadi browser nomor satu. Namun sejak berbasis sama, Edge mulai menunjukkan taringnya dan terus menambah pengguna. Dengan penambahan fitur ini, bukan tidak mungkin pengguna Edge akan semakin banyak lagi.