Microsoft Kembangkan Chipset Berbasis ARM Rancangan Sendiri

Teknologi komputer nampaknya mulai menunjukkan revolusi. Setelah Apple, Microsoft dikabarkan sedang mengembangkan chipset rancangan mereka sendiri yang berbasis ARM.

Chipset berbasis ARM kita ketahui sudah menjadi otak semua perangkat bergerak, terutama smartphone. Namun seiring perkembangan teknologi, komputer β€” terutama laptop β€” mulai bergerak ke arah perangkat bergerak.

Microsoft sebelum ini sudah bekerja sama dengan Qualcomm untuk mengembangkan chipset SQ1 dan SQ2 untuk perangkat Surface Pro X mereka. Namun perkembangan signifikan terjadi ketika Apple mengembangkan dan merilis chipset M1.

panos panay microsoft sq1
Panos Panay mengumumkan Microsoft SQ1

Chipset berbasis ARM hasil kembangan Apple ini ternyata terbukti memiliki performa yang cukup fenomenal. Bahkan, mampu mengalahkan performa Surface X Pro ketika dipakai untuk menjalankan sistem operasi Windows 10 on ARM.

Bloomberg mengabarkan perkembangan terbaru yang menyebutkan kalau Microsoft membuat chipset berbasis ARM rancangan mereka sendiri. Mereka menyebutkan kalau keputusan ini merupakan usaha mengurangi ketergantungan pada teknologi dari Intel.

Mereka juga menyebutkan kalau chipset yang sedang dikembangkan itu akan menjadi prosesor untuk komputer server yang jadi tulang punggung bisnis cloud Microsoft. Di samping itu, Microsoft juga sedang mengeksplorasi chipset lain untuk dipakai di lini perangkat Surface.

Sejauh ini, yang dipakai sebagai otak dari komputer server biasanya adalah prosesor Xeon dari Intel. Prosesor ini mendominasi pemakaian, jauh di atas prosesor dari AMD.

Di sisi lain, belum ada komentar dari Microsoft maupun Arm Ltd. sehubungan dengan berita ini. Namun, Bloomberg juga menyebutkan kabar lain yang menyatakan kalau Microsoft sibuk merekrut tenaga ahli semi-konduktor dari Intel AMD, NVIDIA, dan Qualcomm.

Dari kabar tersebut, chipset untuk server kelihatannya menjadi fokus sementara. Namun, tidak tertutup kemungkinan kalau Microsoft kemudian juga membuat chipset berbasis ARM untuk perangkat Surface.

%d blogger menyukai ini: