Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Windows 10 di Apple Mac M1 Lebih Ngebut dari di Surface Pro X

Anom Penulis

Sebuah kabar yang cukup mengejutkan bukan? Ya. Windows 10 dipasang di komputer Mac dengan chipset Apple Silicon M1 ternyata punya kemampuan lebih daripada yang ada di Surface Pro X.

Alexander Graf, pakar virtualisasi Amazon Web Service (AWS) berhasil memasang sistem operasi Windows 10 on ARM di komputer Mac dengan chipset Apple M1. Virtualisasi itu ia lakukan melalui perangkat lunak virtualisasi QEMU.

popculture.id

Ia pun mengunggah screenshot Task Manager Windows 10 on ARM itu ke Twitter. Di sana terlihat bagaimana kinerja CPU, RAM, dan penyimpanan SSD.

Proses ini sendiri sebenarnya tidak mengejutkan. Karena sebelum ini Craig Federighi sudah menyatakan kalau Windows 10 on ARM bisa bekerja di komputer Mac dengan Apple Silicon. Tapi tentu saja tergantung pada Microsoft. Karena Microsoft tidak memberi lisensi selain ke rekanan resminya.

Harap perhatikan kalau versi Windows ini adalah sistem operasi untuk chipset ARM, bukan versi x86 untuk komputer biasa. Graf menyatakan kalau percobaannya ini masih dalam tahap awal. Jadi kalau ada yang ikut mencoba, jangan berharap mendapat sistem yang stabil.

Walau begitu, Alexander Graf juga menyebutkan kalau “Windows ARM64 mampu menjalankan (aplikasi) x85 dengan baik. Tidak secepat Rosetta 2, tapi mendekati.” Ini merupakan pernyataan menarik.

Yang lebih menarik lagi, muncul hasil benchmark di Geekbench 4 dan Geekbench 5 dari Windows 10 on ARM di perangkat Apple M1. Hasil itu menunjukkan kinerjanya lebih baik dari kemampuan Surface Pro X.

Di uji Geekbench 5, hasil untuk single-core meraih skor 1288 sedangkan untuk multi-core 5449. Sedangkan Windows 10 on ARM di Surface Pro X meraih skor 799 untuk single-core dan 3089 untuk multi-core.

Hasil ini mungkin sedikit memalukan bagi Microsoft. Karena Surface Pro X merupakan produk unggulan mereka dan memakai chipset Microsoft SQ2 hasil kerja sama dengan Qualcomm.

Hal ini juga kembali menunjukkan bagaimana Apple mampu kembali membuat chipset yang cepat. Seperti halnya di dunia smartphone, yang selama ini masih menunjukkan dominasi chipset iPhone dibanding chipset lainnya.

    %d blogger menyukai ini: