Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Microsoft Konfirmasi Tidak Akan Rilis Windows 10X

Anom Penulis

Setelah beredar kabar kalau Windows 10X tidak akan hadir, Microsoft akhirnya memberi konfirmasi soal hal itu bersama rilis update Windows 10 21H1. Microsoft juga memberi alasan kenapa keputusan itu terjadi.

Windows 10X awalnya hadir untuk kategori perangkat baru dengan layar ganda seperti Surface Neo. Namun seiring berjalannya waktu—dan pandemi Covid-19—perubahan terjadi. Sistem operasi ini berubah dari untuk layar ganda menjadi lebih mendukung layar tunggal dan diposisikan untuk bersaing dengan Chrome OS buatan Google.

Namun, kemudian muncul bocoran kalau Windows 10X tidak akan rilis tahun 2021 ini dan mungkin tidak akan meluncur. Berita ini mendapat konfirmasi dari Microsoft.

Pengguna Windows saat ini sudah mendapat update bulan Mei atau yang sering disebut 21H1. Pembaruan ini bukan pembaruan besar. Bukan versi “Sun Valley” yang disebut membawa penampilan baru di Windows 10.

Walau begitu, pada pengumuman update tersebut, Microsoft memberikan pernyataan kalau tidak akan merilis Windows 10X pada tahun 2021 ini.

notifikasi di Windows 10X

Microsoft menyebutkan kalau setelah berkomunikasi dengan sebagian konsumen soal sistem operasi ini, mereka sadar kalau fitur yang ada akan lebih berguna jika tersedia secara umum. Jadi bukan hanya untuk pengguna perangkat tertentu (entah itu layar ganda atau seperti Chromebook).

Mereka pun memutuskan lebih baik mengintegrasikan fitur yang nantinya hadir di Windows 10X ke dalam sistem operasi “besar” Windows 10. Misalnya, virtual keyboard di layar sentuh dengan rancangan baru (baik ukuran tombol, warna, suara, dan animasi).

Beberapa fitur yang masuk ke Windows 10 ini sudah hadir di Windows Insider preview. Nantinya akan lebih banyak lagi fitur yang hadir.

Windows 10 sendiri memang sudah berkembang jauh dan sedang menuju untuk menjadi lebih modern. Salah satunya adalah memiliki tampilan yang lebih keren. Termasuk adaptasinya untuk perangkat 2-in-1 atau hybrid yang mendukung versi tablet.

Baca Juga:  Selamat Tinggal Microsoft Office, Sambut Wajah Baru Microsoft 365.

Jadi, kita lihat saja apa fitur baru yang akan hadir nantinya.