Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Microsoft Tidak Rilis Windows 10X Tahun 2021, Mungkin Untuk Selamanya

start menu windows 10x
gambar: Windows Central
Anom Penulis

Para pengguna Windows yang menanti gebrakan sistem operasi buatan Microsoft pesaing Chrome OS bakal kecewa. Karena kabar terbaru menyebutkan kalau Microsoft memutuskan untuk tidak rilis Windows 10X di tahun 2021 ini. Bahkan mungkin selamanya.

Windows 10X merupakan upaya Microsoft menyederhanakan Windows 10 untuk perangkat yang lebih bersandar pada aktivitas online. Singkat kata, untuk tablet atau laptop seperti Chromebook.

Microsoft mengumumkan sistem operasi baru ini ketika mengumumkan perangkat Surface Neo dan Duo. Sistem operasi ini tidak hanya akan lebih ringkas, tapi juga akan mendukung perangkat layar ganda seperti Surface Neo tersebut.

Windows 10X Tidak Jadi Rilis

Namun kelihatannya rencana tinggallah rencana. Brad Sams melaporkan melalui blog Petri soal kabar ini. Kabar itu ia dapat dari bocoran orang dalam. Microsoft membatalkan rilis tahun ini dan kalau pun rilis nantinya, sistem operasi itu bukanlah yang sudah kita kenal saat ini (dari berbagai bocoran).

Brad mengemukakan alasan yang sangat masuk akal atas keputusan Microsoft ini. Saat ini bukanlah saat yang tepat untuk membuat terobosan sistem operasi baru (yang menuntut perangkat baru juga).

Sistem operasi baru dan perangkat dengan kategori baru akan sulit bersaing dengan perangkat lain yang sudah lebih mapan. Misalnya smartphone yang terus berkembang dan semakin canggih, iPad yang menguasai tablet, dan Chromebook yang semakin populer sebagai laptop “murah” (sering jadi pilihan di bidang edukasi).

Apalagi, adaptasi konsumen terhadap hal baru boleh dibilang lambat. Hal ini sudah terbukti di era Windows 8 yang membuat Microsoft mengembalikan Windows 10 lebih tradisional. Bahkan konsep Windows 10X sendiri yang tadinya dibuat untuk perangkat layar ganda sudah berubah jadi sistem operasi untuk layar tunggal.

Lalu apa yang akan terjadi?

Windows 10 “Sun Valley”

Brad Sams menyebutkan kalau mereka yang paham dengan rencana Microsoft menyebutkan kalau pengguna lebih memilih jika fitur Windows 10X hadir di Windows 10.

Windows 10 sendiri dirumorkan akan mendapat tampilan baru yang lebih modern. Update ini dikenal dengan nama kode “Sun Valley.” Jadi walau tidak semua yang dimiliki oleh Windows 10X akan hadir di “Sun Valley”, beberapa fitur bisa muncul.

Bagaimanapun Windows 10 sekarang sudah mendukung mode tablet. Jadi mungkin nantinya penampilan Windows 10 akan lebih sederhana dan lebih fleksibel.

Dengan Windows 10X yang tidak jadi rilis tahun ini, tentu tidak masuk akal juga merilisnya di masa mendatang dengan konsep yang ada saat ini. Kemungkinan besar kondisi dunia teknologi sudah berubah.

Sehingga bila nanti ada versi Windows yang lebih ringkas untuk perangkat kategori baru, ya pasti akan menyesuaikan kebutuhan saat itu. Masuk akal kan?