Microsoft Office Mau Ganti Font Utama Baru dan Kamu Bisa Ikut Tentukan

Wow, ini menarik. Microsoft berniat mengganti font utama di aplikasi Office dengan yang baru. Serunya lagi, mereka mengajak kita untuk ikut serta menentukannya.

Selama ini, font yang bernama Calibri sudah menjadi jenis huruf utama di aplikasi Microsoft Office. Font ini bisa kamu lihat ketika kamu membuat dokumen baru di aplikasi tersebut.

Calibri menggantikan huruf Times New Roman sejak Microsoft Office 2007. Jadi sudah lebih dari 10 tahun! Mungkin memang sudah saatnya berganti agar Microsoft Office lebih terasa fresh.

Kandidat Font Baru Office

Kini Microsoft mengumumkan 5 kandidat font baru, yaitu Tenorite, Bierstadt, Skeena, Seaford, dan Grandview. Kelima font ini termasuk dalam keluarga sans serif.

Jadi karakteristiknya lebih mirip Calibri. Berbeda tipe dengan huruf seperti Times New Roman yang punya tambahan garis di ujung-ujungnya (biasa disebut serif, sans berarti ‘tanpa’).

Walau sekilas kelihatan sama, jelas karakteristik tiap font berbeda. Mulai dari bentuk, jarak antar huruf, jarak antar kata, dll. Secara umum, kalimat khas “The quick brown fox jumps over the lazy dog” bisa memberi gambaran. Walau begitu, beberapa hal lain—seperti tanda baca—perlu teks yang lebih panjang.

Mencoba Font Baru

Sayangnya, font baru ini belum bisa dicoba oleh semua pengguna. Secara umum, kelima font ini tersedia sebagai Cloud Fonts alias huruf yang tersedia secara online untuk Microsoft Office.

Jadi, yang bisa mencoba 5 kandidat font utama untuk Office ini adalah mereka yang berlangganan layanan Microsoft 365. Jadi kalau kamu memakai aplikasi Microsoft Office, masuk dengan akun Microsoft 365, dan terhubung ke internet, kamu bisa mencobanya.

Nah, kalau kamu sudah mencoba dan suka dengan salah satu huruf, kamu bisa memberitahu Microsoft pilihanmu itu. Kamu bisa menyebutkannya lewat Twitter ke akun Microsoft 365.

Nah, yang mana font favoritmu?

%d blogger menyukai ini: