Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Microsoft Surface Event: Konferensi Teknologi Paling Seru Tahun 2019

microsoft surface event 2019
Gambar: Microsoft
Anom Penulis

Di Microsoft Surface Event pada tanggal 2 Oktober 2019, Microsoft mengumumkan berbagai produk perangkat keras terbarunya. Microsoft memberi begitu banyak kejutan, sehingga boleh dibilang acara ini adalah konferensi teknologi paling menarik tahun ini.

Memang, setelah ini masih ada Google Pixel Event. Tapi melihat sudah terlalu banyak bocoran beredar soal Google Pixel 4, kelihatannya akan susah menandingi Microsoft Surface Event.

Seperti sudah sering saya sebut, dalam beberapa tahun terakhir ini Microsoft berusaha lebih inovatif di bidang perangkat keras. Mereka selalu menghadirkan banyak kategori baru yang akhirnya diikuti oleh produsen produk Windows (OEM).

Dulu, hal seperti ini hanya bisa kita lihat di acara Apple. Namun hal itu berubah. Ketika Apple sudah tidak banyak memberi kejutan, Microsoft justru sebaliknya. Tidak hanya dari sisi perangkat keras saja. Lebih dari itu.

Suasana Lebih Intim

Microsoft menyelenggarakan acara ini di New York. Yang menarik, penataan tempat acara — panggung, kursi, layar, dll — tidak disusun secara megah. Panggung tidak tinggi dan berada dekat dengan para tamu yang hadir. Bahkan Panos Panay sempat beberapa kali turun dan berbicara dari tengah penonton. Nuansanya lebih intim.

Di acara ini, Microsoft mengundang fans Surface untuk hadir. Jadi memang formatnya lebih “berbicara pada fans”. Walau setelah acara berakhir, kehebohan melanda internet, melebihi fans Microsoft.

panos panay surface neo
Panos Panay memperkenalkan Surface Neo (gambar: Microsoft)

Kejutan Demi Kejutan Demi Kejutan

Di acara ini, Microsoft membuat banyak pengumuman yang mengejutkan. Bahkan di bidang yang sebelumnya belum pernah terjadi di perusahaan tersebut.

Mari kita lihat. Microsoft mengumumkan prosesor Ryzen Surface Edition dan chipset Microsoft SQ1, mengumumkan earbuds yang punya integrasi dengan berbagai aplikasi, beberapa fitur baru di Office (misalnya mengubah coretan jadi ketikan isi sel di Excel), dan dari sisi perangkat, ada Surface Pro X, Surface Neo, dan Surface Duo.

Baca Juga:  Kolaborasi Microsoft dengan Disney+ Hadir Buat Rayain Rilisnya "She-Hulk: Attorney at Law"
panos panay menunjukkan surface duo dan neo
Panos Panay menunjukkan Surface Duo dan Neo (gambar: Microsoft)

Keputusan Microsoft mengembangkan prosesor versi mereka sendiri mengingatkan kita pada Apple dengan chipset mereka di iPhone. Lalu, belajar dari Windows Phone, Microsoft mengumumkan dua perangkat dual-screen mereka jauh-jauh hari, agar para pengembang bisa mempersiapkan aplikasi mereka. Belum lagi Microsoft menggunakan Android di Duo.

Merangkul Banyak Pihak

Melalui Microsoft Surface Event 2019, kita bisa melihat kalau Microsoft bukanlah perusahaan yang kita kenal di era 90-an dulu. Mereka sudah berubah.

Dulu mereka meletakkan Windows beserta program pendukung di atas segalanya. Kini, Microsoft lebih menekankan pada ekosistem yang lebih luas dan interaksi yang lebih dalam. Beberapa hal yang dilakukan sebelum ini, yang tidak mungkin dilakukan oleh Microsoft lama, adalah merangkul Linux, menggunakan Chromium untuk Edge, serta merangkul komunitas open-source.

panos panay microsoft sq1
Panos Panay mengumumkan chipset Microsoft SQ1 (gambar: Microsoft))

Di acara ini, kita bisa melihat mereka bekerja sama dengan AMD untuk mengembangkan prosesor Ryzen Surface Edition. Mereka juga bekerja sama dengan Qualcomm untuk mengembangkan chipset Microsoft SQ1. Lalu, mereka juga membuat smartphone — walau Panos berkeras kalau itu “bukan ponsel, tapi perangkat Surface” — berbasis Android.

Acara Paling Menarik

Kalau mau bicara secara obyektif, mungkin ada perangkat lain yang lebih heboh. Di dunia nyata, chipset Apple di iPhone masih berada di puncak. Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X lebih “wow” dengan layar yang bisa ditekuk. Adobe Fresco mungkin hadir untuk iPad Pro terlebih dulu.

Tapi kita juga tidak bisa mengelak dari fakta bahwa ada banyak hal baru di Microsoft Surface Event 2019 ini. Berbagai hal yang tidak hanya menggebrak secara umum, tapi dari sisi Microsoft sendiri. Inilah yang membuat acara ini menjadi perhelatan teknologi paling menarik tahun ini.