Tidak Cuma Powerful, Surface Laptop Studio Punya Desain Unik

Surface Laptop Studio

Pada Surface Event 2021, Microsoft mengumumkan beberapa perangkat. Namun, selain Surface Duo 2, ada satu perangkat lain yang menarik perhatian. Perangkat itu adalah Surface Laptop Studio.

Melalui lini Surface, Microsoft memang bertujuan untuk memperkenalkan kemungkinan-kemungkinan baru dalam perangkat komputasi. Laptop ini pun masih menyokong semangat yang sama.

Kalau kamu ingat, dulu Microsoft pernah mengumumkan komputer all-in-one Surface Studio yang bisa berubah menjadi meja gambar. Kini Microsoft membawa fitur itu ke dalam bentuk laptop.

Sekilas, Surface Laptop Studio memang terlihat seperti laptop lain. Ada layar, keyboard, dan touchpad yang terlihat normal. Kalau pun ada yang unik, hal itu ada di bagian bawah laptop yang merupakan wadah magnetis untuk Surface Slim Pen 2 (dijual terpisah).

Namun kejutan ada di bagian layar. Layar ini bisa kamu tarik ke depan dan mengubahnya dari mode Laptop ke mode Stage. Mode Stage memungkinkan kamu menikmati layar sentuh PixelSense Flow 14,4 inci dengan refresh rate 120Hz ini lebih dekat. Misalnya untuk nonton atau main game (dengan kontroler).

Selain itu, mode ini juga akan lebih enak untuk kamu pakai menggambar dengan pena stylus. Baik dari sisi jarak, maupun posisi layar yang agak miring.

Sangat menarik melihat bagaimana Microsoft membangun konstruksi laptop ini. Kalau kamu perhatikan, konstruksi di belakang layar tampak seperti penyangga Surface Pro. Microsoft menyebutkan kalau engsel baru Dynamic Woven dirancang dengan ketahanan lebih untuk peralihan mode ini.

Mode terakhir dari laptop ini adalah Mode Studio. Mode ini membuat laptop berbentuk seperti tablet. Tentu agar pemakaian dengan pena bisa jauh lebih leluasa lagi.

Di balik desain unik ini, Microsoft juga memberikan spesifikasi yang mantap pada Surface Laptop Studio. Seperti pilihan prosesor Intel Core i5 Gen 11 dengan kartu grafis Intel Iris Xe atau Intel Core i7 Gen 11 dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3050Ti.

Selain itu juga ada pilihan RAM 16GB atau 3 GB, dan penyimpanan SSD yang bisa dilepas dengan pilihan kapasitas: 256GB, 512GB, 1TB, atau 2TB. Laptop ini juga mendukung konektivitas Wi-Fi 5, Bluetooth 5.1, 2 colokan USB 4.0 Thunderbolt 4, colokan audio dan Surface Connect.

Dari situs resmi, Surface Laptop Studio ini memiliki harga mulai dari $1599. Silakan lihat kalau kamu penasaran sama laptop baru Microsoft ini.

%d blogger menyukai ini: