Mint Browser Dari Xiaomi Bisa Jadi Alternatif Menarik

mint browser xiaomi

Xiaomi sedang membara. Setelah handphone-nya berhasil memiliki nama besar di dunia, kini ia merambah hal baru. Xiaomi merilis sebuah peramban bernama Mint Browser.

Hm, apa browser tidak penuh sesak? Bagaimana pun aplikasi untuk menelusuri situs internet ini sudah memiliki banyak nama besar. Sebut saja Google Chrome yang menjadi raja. Lalu ada beberapa nama besar lain yang punya beberapa versi. Seperti Opera, Opera Mini, dan Opera Touch, atau Firefox, Firefox Lite, Firefox Focus, dan Firefox Rocket. Kemudian masih ada  nama seperti Brave, Puffin, Maxthon, Kiwi, dan tentu saja Samsung Internet Browser.

Jadi apa yang ditawarkan oleh Xiaomi? Apa bisa ia bersaing dengan aplikasi browser terbaik yang ada?

Mint Browser: Ringan, Cepat, Aman, dan Bebas Iklan

Paling tidak itu yang dijanjikan Xiaomi. Kalau dilihat di Play Store lewat handphone, browser ini memiliki paket instalasi di bawah 10 MB. Di sisi ini ia seperti browser versi Lite.

Walau begitu, fiturnya cukup lengkap. Mulai dari tab, bookmark, riwayat, halaman download, favorit, atau night mode. Di samping itu, kamu juga bisa menggunakan perintah suara, mengatur mesin pencari, menentukan halaman utama, atau ukuran huruf. Kecil-kecil cabe rawit.

tampilan mint browser

Di samping itu, Mint Browser juga menyasar pangsa lain. Aplikasi ini punya fitur untuk memperkecil ukuran transfer data dan menyembunyikan iklan. Dari sisi yang terakhir, cukup mirip dengan Firefox Focus atau Brave dan Kiwi.

Salah satu yang menarik selain fitur adalah posisinya yang mirip seperti Samsung Internet Browser. Seperti kita ketahui, kedua nama ini sekarang sama-sama besar di dunia handphone. Samsung sudah lebih dulu memiliki browser sendiri. Kemudian mereka merilisnya untuk publik tidak terbatas di perangkat mereka sendiri.

setelan mint browser

Jadi walau persaingan untuk aplikasi browser sudah ketat, ada kemungkinan Xiaomi bisa masuk melalui berjuta handphone yang tersebar di seluruh dunia. Tentu saja, mungkin sulit untuk mengalahkan Google Chrome. Toh dengan segala fiturnya, bukan tidak mungkin ia menggerogoti kue sedap ini.

Bagaimana menurutmu? Apa browser yang kamu pakai sekarang? Apakah kamu tergoda untuk pindah ke Mint Browser dari Xiaomi?

Download (Android)

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.