MIUI Global dan Eropa akan Pakai Aplikasi Telepon dan Pesan Google

aplikasi telepon dan pesan miui

Kelihatannya akan ada perubahan menarik untuk MIUI dalam waktu dekat. Kabar menyebutkan kalau MIUI versi Global dan Eropa akan menggunakan aplikasi telepon dan pesan dari Google.

Sebagai ROM Android, MIUI dikembangkan dengan mengadaptasi wilayah tempat perangkat itu dijual. Sehingga MIUI memiliki banyak versi. Ada versi China (CN), versi Global (MI), versi Eropa (EU), versi India (IN), versi Indonesia (ID), dan versi Rusia (RU).

Sehubungan dengan peraturan dan hukum yang berlaku di berbagai belahan dunia, perangkat yang dirilis atau akan dirilis secara global setelah Mi 9T Pro (termasuk perangkat tersebut) akan menggunakan layanan Google Mobile Service (GMS) untuk beberapa aplikasi.

Dalam hal ini, ROM MIUI versi Global dan Eropa tidak akan menggunakan aplikasi Telepon dan Pesan MIUI, tapi menggunakan aplikasi buatan Google. Aplikasi tersebut akan hadir secara bawaan (sudah terpasang). Sebagai akibatnya, beberapa fitur, seperti Call Recording, tidak tersedia untuk versi tersebut.

aplikasi telepon miui 11

Berita ini diungkapkan dalam forum MIUI dalam sebuah thread (dalam bahasa Spanyol dan kemudian diterjemahkan di thread lain). Di sana juga sudah disebutkan kalau MIUI Pilot team sudah memberi konfirmasi. Mereka juga menyebutkan kalau fungsi Call Recording akan hadir kembali di tahun 2020 bersama aplikasi Google Phone dan Messages.

Harap menjadi perhatian. Yang mendapat perubahan ini adalah versi Global (MI) dan Eropa (EU). Jadi kelihatannya MIUI versi Indonesia (ID) tetap akan memakai aplikasi Telepon dan Pesan bawaan ROM tersebut.

Berbagai versi ROM Android dari masing-masing merek biasanya menawarkan sesuatu yang berbeda dari Android murni. Tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Hal ini pun sering menjadi perdebatan mana yang lebih baik atau mana yang lebih disukai.

Perubahan pada MIUI ini mungkin tidak berpengaruh pada pengguna Indonesia. Namun hal ini cukup menarik. Menurut kalian, mana yang lebih asik dipakai, aplikasi versi MIUI atau versi Google?

%d blogger menyukai ini: