Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Mixing Lagu dengan Mudah Pakai YouTube DJ

cara mudah jadi dj dengan youtube dj

Suatu hari, ada acara party bersama teman, tapi musiknya boring. Lalu kamu ingin jadi DJ untuk meramaikan suasana, tapi bingung bagaimana mixing lagu yang gampang. Salah satu caranya adalah menggunakan YouTube DJ.

Wuih, makhluk apa itu YouTube DJ? Apa kita menyewa jasa DJ yang bikin demo di YouTube? Barangkali Google menambahkan perangkat mixing lagu di YouTube?

Yah, sedikit campuran di antara keduanya. YouTube DJ merupakan sebuah aplikasi web yang menyediakan perangkat DJ sederhana. Di sana kamu bisa berkreasi memadukan musik yang diambil dari video YouTube.


Baca juga: 8 Ekstensi Chrome untuk YouTube yang Keren


Tampilannya mirip seperti aplikasi Djay atau Edjing. Ada turntable dengan beberapa peralatan mixing lagu sederhana. Di bagian tengah, terdapat jendela yang menampilkan dua video YouTube yang diputar.

mixing lagu di youtube dj

Kalau kamu tidak mau pusing memadukan musik sendiri, di bawah turntable ada banyak pilihan remix lagu dari komunitas yang ada. Jadi, kalau kamu berada di situasi seperti di atas, kamu bisa jadi pahlawan DJ dengan cepat. Tinggal buka laptop, hubungkan ke Wi-Fi, masuk ke YouTube DJ, dan mainkan.

Tapi kalau kamu ingin menyusun lagu dari hasil mixing sendiri ya bisa saja.

Yang seru, kita bisa mencari lagu dengan dua pilihan. Akapela untuk vokal, dan instrumental untuk musik latarnya. Setelah itu tinggal padukan untuk jadi remix yang keren.

Terus terang saya sendiri bukan DJ dan tidak paham istilah-istilah atau peralatan mixing lagu. Jadi tidak bisa menjelaskan cara kerja atau fungsi alat yang ada.

cari lagu untuk mixing dan shortcut keyboard

Tapi begini, ahem, di YouTube DJ ada beberapa alat seperti untuk mengatur volume, mengatur ketukan (kecepatan lagu), shortcut untuk cue (jadi kita bisa melompat ke bagian itu) dan loop (mengulang-ulang satu bagian), dll.


Baca juga: 5 Program Audio Editor Gratis Pilihan


Waktu saya coba me-mixing lagu, yaaah… saya belum menemukan lagu dengan irama yang pas. Jadi belum sampai mencoba menentukan cue apa pun. Istilahnya: Gatot. Gagal total.

Tapi waktu saya mencoba lagu yang tersedia dan bermain-main dengan cue yang sudah disediakan. Wow, keren juga (paling nggak menurut saya sih, hahaha). Saya bisa membayangkan jadi DJ dadakan di party, atau bahkan menggunakan YouTube DJ ini untuk musik di kafe.

Sayangnya, YouTube DJ baru bisa digunakan di komputer desktop. Belum ada aplikasi Android atau iPhone, dan bahkan website-nya belum nyaman digunakan di handphone. Lalu, karena berupa aplikasi web dan menggunakan YouTube sebagai sumber lagu, YouTube DJ harus digunakan secara online.

KUNJUNGI YOUTUBE DJ

More Stories
Dengan Harga 5 Ribu , 6 Game iPhone Murah ini Patut Kalian Coba