Portrait Mode Seperti Pixel 2 Dengan Google Camera Mod

Google Pixel 2 Handphone kamera terbaik 2017

Handphone Google Pixel 2 merupakan salah satu handphone dengan kamera terbaik. Terutama karena kamera tunggal yang bisa menghasilkan portrait mode keren. Portrait Mode seperti Pixel 2 berhasil diturunkan dengan Google Camera mod sehingga bisa dipakai di handphone lain.

Camera NX adalah sebuah aplikasi kamera hasil modding tersebut. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendapat fitur eksklusif aplikasi kamera Google Pixel 2. Sayangnya, Charles Chow (yang membuatnya) menyebutkan kalau Camera NX baru bisa digunakan di handphone Nexus 5X, Nexus 6P, dan Google Pixel (2016).

Charles Chow menjelaskan beberapa hal seputar penggunaan Camera NX mod ini. Aplikasi kamera ini memanfaatkan deteksi wajah dan efek retouching wajah baik di bagian depan (foreground / obyek utama) dan belakang (background) foto. Aplikasi ini akan mengambil foto dua kali. Yang satu foto normal HDR+, yang lain dengan efek portrait (retouching).

Ia juga menambahkan kalau aplikasi kamera ini membutuhkan wajah sebagai obyek. Yah, untuk efek retouching. Kalau tidak ada wajah manusia, foto akan tampil normal.

Portrait mode seperti Pixel 2 di Nexus 5X dengan Camera NX mod

Camera NX v7.3 dibuat berdasar aplikasi Google Camera 5.1.016. Charles Chow sudah mengujinya di handphone Nexus 5X. Asumsinya, fitur Portrait Mode seperti Pixel 2 ini juga berfungsi di handphone yang lebih tinggi: Nexus 6P dan Google Pixel (2016).

Ia juga menyediakan beberapa fitur selain Portrait Mode seperti Pixel 2. Ada modifikasi AR Sticker dan aplikasi AR Core untuk Nexus 5X dan 6P. Walau begitu, Charles juga menyebut kalau AR Core masih berstatus beta. Jadi ada bugs yang kemungkinan muncul. Resiko ditanggung penumpang.

BACA JUGA
Hello Moto: Mengenal Fitur Aplikasi Kamera Motorola

Untuk kamu yang menggunakan handphone Nexus 5X dan 6P, ini mungkin kabar gembira. Karena kamu bisa meningkatkan kemampuan kamera handphone lebih lanjut. Bagaimana dengan handphone Android lain?

Sebagian besar handphone Android biasanya menggunakan aplikasi kamera buatan merk bersangkutan. Handphone yang menggunakan kamera ganda juga biasanya sudah dilengkapi dengan fitur serupa. Misalnya Live Focus di Samsung atau Depth Enabled di Motorola.

Kalau Portrait Mode seperti Pixel 2 bisa dilakukan dengan modding, saya cukup yakin kalau pabrikan handphone Android populer bisa membuat yang sejenis dengan aplikasi kamera mereka. Tinggal kita lihat saja ke mana tren handphone bergerak.

Kalau kamu penasaran mau mencoba, silakan menuju blog Charles Chow dan download APK aplikasi Camera NX. Ingat, kamu mungkin akan bertemu beberapa bugs di sana.

Ada komentar?