Cara Mengaktifkan Mode Gelap OneUI di Smartphone Samsung

One UI dari Samsung punya berbagai fitur menarik, salah satunya dark mode. Seperti inilah cara mengaktifkan mode gelap One UI di ponsel Samsung.

Samsung pertama kali menghadirkan mode gelap saat memakai Android 9 Pie dan One UI. Waktu itu, Google belum menambahkan mode gelap ke sistem operasi buatannya.

Kemudian Google mulai membawa mode gelap saat meluncurkan Android 10. Sesuai namanya, di fitur ini pengguna hanya perlu mengaktifkan atau menonaktifkan tombol mode gelap jika dibutuhkan.

Menariknya, Samsung membuat mode gelap terlihat berbeda. Lewat One UI, Samsung berhasil membuat fungsi penjadwalan mode gelap. Jadi pengguna bisa membuat mode gelap aktif sesuai jadwal.

Mengaktifkan Mode Gelap One UI di Samsung

Mengaktifkan Mode Gelap di One UI

One UI adalah versi pertama yang dibuat oleh Samsung. Pengalaman perangkat seluler ini hanya tersedia di ponsel yang menjalankan Android 9 Pie.

Sumber Gambar : Android Central
  • Buka ‘Settings’ di ponsel kalian.
  • Scroll ke bawah dan ketuk menu ‘Display.’
  • Carilah ‘Dark’ atau ‘Night’ mode.
  • Tap toggle yang ada untuk mengaktifkan mode gelap.
  • Untuk mengatur mode gelap, tap teks ‘Dark’ atau ‘Night’ mode (bukan toggle-nya).

Nah, di sini kalian bisa mengatur mode gelap secara otomatis. Kalian bisa membuat jadwal khusus, atau membiarkan mode gelap aktif hanya saat malam hari saja.

Untuk akses cepat ke mode gelap, kalian juga bisa menambah toggle cepat ke panel notifikasi lho. Jadi kalian bisa mengaktifkan atau mematikan mode gelap sesuai kebutuhan deh.

Mengaktifkan Mode Gelap di One UI 2

One UI 2 adalah pengalaman perangkat seluler Samsung terbaru. Tampilan ini hadir di Android 10. One UI 2 diklaim lebih hemat baterai, punya lebih banyak aksebilitas, dan desain interface-nya lebih cantik dari sebelumnya.

One UI 2 juga menghadirkan mode gelap lho. Tapi di versi ini, pengaturan mode gelap dibuat agar lebih sederhana.

Sumber Gambar : Android Central
  • Buka ‘Settings’ di layar beranda.
  • Ketuk menu ‘Display.’
  • Ketuk menu ‘Dark’ yang ada di samping ‘Light.’
  • TapDark mode settings’ untuk mengatur mode gelap.
Sumber Gambar : Android Central

Kalau kalian ingin mengatur mode gelap dari sore sampai pagi, ketuk toggleTurn on as scheduled.’ Tapi kalau mode gelap aktif setiap saat, maka biarkan saja toggle tersebut mati.

%d blogger menyukai ini: