Xiaomi Buat Mode PC di MIUI dan Penampilannya Mirip Windows

Gambar: XDA Developers

Xiaomi sudah mengumumkan ponsel lipat pertama mereka, Mi MIX FOLD. Salah satu yang menarik dari rilis ponsel tersebut adalah adanya mode PC yang memiliki tampilan seperti sistem operasi Windows. Catat: Windows, bukan macOS.

Kenapa hal ini menarik? Yah, sejak debutnya pertama kali, Xiaomi—dan sebagian ponsel asal Cina—terkenal mengikuti desain tampilan iOS. Sampai kini pun kamu masih bisa melihat jejaknya.

Tentu kita bisa berdebat soal siapa meniru siapa di antara Android (beserta skin dari vendor) dan iOS. Kamu bisa melihat “pinjam-meminjam” konsep ini baik di Android 12 maupun di iOS 14.

Mode PC MIUI

Ben Sin dari XDA Developers membahas soal ini secara cukup mendalam. Ia menyebutkan kalau ada satu hal yang membedakan ponsel lipat Xiaomi Mi MIX Fold dengan perangkat lain seperti Samsung Galaxy Fold. Hal itu adalah adanya mode PC di MIUI.

Mode PC di MIUI untuk Mi MIX FOLD ini belum ada ketika perangkat itu meluncur. Namun fitur itu kemudian hadir melalui pembaruan. Ben menyebutkan hal menarik berhubungan dengan pembaruan ini. Xiaomi tidak menyebut mode PC di detil informasi pembaruan.

Mirip Windows

Kamu bisa mengaktifkan mode PC ini dengan menggeser dari pinggir layar dari kanan ke kiri dengan tiga jari. Kamu pun segera melihat penampilan yang akrab di layar. Secara umum, penampilan mode PC di MIUI ini memang mirip Windows.

Ada menu bar di bagian bawah (di Windows disebut Taskbar) dengan tombol menu, tombol pencarian, indikator baterai, tanggal dan waktu (kalender), dan juga tombol untuk pusat notifikasi. Di sebelah paling kanan terdapat 3 tombol khas Android.

Kalau kamu menekan tombol “start menu” dan tombol panah atas, akan muncul menu seperti di Windows. Tapi walau secara umum rancangannya mirip Windows 10, ada beberapa bagian, seperti di pusat kontrol, yang masih mengingatkan kita pada iOS.

Membuka Aplikasi

Ketika kita membuka aplikasi, hal menarik lain terjadi. Lagi-lagi, penampilannya mirip dengan jendela aplikasi di Windows. Dengan tiga tombol minimize, maximize, dan tutup, di bagian kanan atas.

Ben menyebutkan kalau ajumlah aplikasi yang bisa kita buka adalah maksimal 4 buah. Kalau kamu membuka satu lagi, maka aplikasi pertama akan menutup.

Dari penuturan Ben, kelihatannya mode PC memang menampilkan aplikasi dalam bentuk “jendela” secara bawaan, tidak dalam bentuk layar penuh. Kalau kita memakai Mi MIX FOLD bukan dalam mode PC, aplikasi bisa terbuka secara penuh seperti di smartphone atau di iPad.

Ben juga menuturkan hal menarik lain. Kamu bisa memakai Mi MIX FOLD dengan keyboard dan monitor eksternal (misal smart TV) secara nirkabel. Jadi, memang cukup fungsional dan menjanjikan di masa depan.

Yah, Samsung memang punya DeX yang memungkinkan tampilan sistem berubah seperti di PC. Namun penampilan itu hanya muncul ketika hadir di layar eksternal. Tidak muncul di dalam ponsel itu sendiri.

Nah, menurutmu, mana yang lebih eifien? Bisa dibuka di dalam perangkat atau jika hanya terhubung dengan monitor eksternal?

%d blogger menyukai ini: