Facebook akan Monetisasi Fitur Story, Bakal Tampil Iklan di Dalamnya

monetasi facebook

Facebook mengatakan jika mereka akan uji coba monetisasi fitur Story. Ini akan membuat konten kreator punya penghasilan tambahan nantinya.

Beberapa waktu lalu lewat situs resminya, Facebook mengatakan jika dalam beberapa minggu lagi, mereka akan mulai menguji coba monetisasi fitur Story dan memperluas ke iklan di video pendek.

Facebook Bakal Monetisasi Fitur Story

Lewat pengumumannya, Yoav Arnstein, Director Facebook App Monetization mengatakan bahwa, perusahaan akan memonetisasi Facebook Story dengan iklan yang terlihat seperti stiker. Selanjutnya, konten kreator akan mendapat uang dari fitur ini.

Arnstein juga mengatakan, sementara ini pengujian akan dilakukan di Facebook Story milik sebagian konten kreator. Setelah itu, Facebook akan memperluas monetisasi ke video berdurasi pendek (yang biasanya diunggah ke feed).

Sumber Gambar : Facebook Newsroom

Nantinya, konten kreator bisa memperoleh uang tambahan dari video yang berdurasi ‘minimal’ satu menit. Nanti ‘di dalam’ video itu akan tampil iklan berdurasi beberapa detik, mirip seperti iklan yang ada di YouTube.

Oya, durasi iklan yang tampil berbeda-beda tergantung panjang video lho. Untuk video 1 menit akan menampilkan iklan 30 detik, video tiga menit atau lebih akan menampilkan iklan berdurasi 45 detik.

Dulu yang bisa menampilkan iklan hanyalah video berdurasi tiga menit atau lebih. Itu pun iklan yang ditampilkan bakal tayang di awal video dan berdurasi sekitar 1 menit.

Lebih lanjut, Arnstein mengungkapkan jika monetisasi video Facebook tidak bisa dilakukan semua konten kreator. Mereka harus memenuhi beberapa syarat baru.

Sebelumnya, Facebook mematok syarat yang berbeda. Monetisasi hanya berlaku untuk video on-demand berdurasi minimal tiga menit. Nah, sekarang kita lihat syarat baru yang dipatok Facebook buat konten kreator untuk memonetisasi video mereka.

Syarat Monetisasi Video Facebook

  • Dalam 60 hari terakhir, konten kreator harus memiliki total 600.000 tayangan video (gabungan video on-demand, Live dan previously Live).
  • Konten kreator harus mengunggah 5 atau lebih video aktif, atau video Live sebelumnya. Video harus dipublikasikan, tidak dihapus, dan sesua dengan Kebijakan Monetisasi Konten Facebook.
  • Konten kreator harus menerbitkan video dari Halaman/Page (bukan profil) mereka.
  • Halaman yang dimiliki konten kreator harus memiliki minimal 10.000 pengikut.
  • Konten kreator wajib berusia minimal 18 tahun dan berlokasi di negara yang kebagian fitur ini.
  • Halaman mereka harus lolos dan tetap mematuhi Kebijakan Monetisasi Mitra Facebook.

Facebook mengatakan bahwa mereka sengaja memperbarui syarat di atas, untuk membuat kreator (terutama Live dan video pendek) lebih mudah memonetisasi video rekaman mereka.

Jika konten kreator merasa sudah memenuhi syarat di atas, mereka bisa memeriksa kelayakan dan mengirimkan Halaman mereka ke tim Facebook lebih dulu.

Selanjutnya, tim Facebook akan meninjau Halaman tersebut. Kalau semuanya sudah clear, konten kreator akan dimasukkan dalam program in-stream ads di Creator Studio. Mereka bisa mulai mendapat penghasilan dari video pendek.

Sumber Gambar : Facebook Newsroom

Terakhir, Facebook juga telah menginvestasikan $7 juta untuk mengadopsi Stars (mata uang virtual mirip hadiah di TikTok). Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan kreator, serta mendorong penggemar untuk lebih mendukung idolanya.

%d blogger menyukai ini: