Perbandingan Moto G5s Plus dan Moto E4 Plus

Oke, kalau kita melakukan perbandingan Moto G5s Plus dan Moto E4 Plus, kita mungkin langsung menilai Moto G5s Plus punya kemampuan lebih baik dari Moto E4 Plus. Terutama karena harganya lebih mahal Tapi benarkah begitu?

Berdasar pengalaman, setiap seri handphone biasanya unik. Kadang ada yang menyimpan kelebihan dibanding lainnya. Bahkan dalam perbandingan dengan handphone yang lebih mahal.

Saat menulis review Moto E4 Plus, memang saya menemukan beberapa kejutan kecil. Apalagi karena sekarang saya menggunakan Moto G5s Plus sebagai handphone sehari-hari.

Nah, bagaimana perbandingan Moto G5s Plus dan Moto E4 Plus?

Desain dan Hands-On

bagian belakang moto e4 plus dan moto g5s plus

Kedua handphone ini memiliki desain yang mirip. Perbedaan yang mencolok ada di posisi kamera depan plus LED flash, letak colokan audio dan speaker, dan bentuk bagian belakang. Tentu saja, karena kamera Moto G5s Plus adalah kamera ganda yang agak menonjol keluar. Selebihnya, penampilannya hampir sama.

Materi yang membalut keduanya pun sama. Baik Moto G5s Plus dan Moto E4 Plus sama-sama memiliki “bungkus” aluminium. Konstruksinya pun sama-sama terasa kokoh. Tapi ada perbedaannya.

Moto G5s Plus adalah handphone unibody. Sementara Moto E4 Plus tidak. Untuk mengganti kartu SIM dan SD card, kita harus membuka penutup belakang (lihat di pojok bawah) Moto E4 Plus. Faktor ini cukup subyektif. Tapi karena baterai Moto E4 Plus juga tidak bisa dilepas, bagian belakang yang bisa dibuka jadi kurang efisien.

Bodi Moto G5s Plus juga lebih tipis dan lebih ringan. Bagian belakang pun memiliki wakra abu-abu yang lebih gelap, jadi lebih elegan (kebetulan kedua handphone yang di tangan kami berwarna abu-abu). Jadi boleh dibilang di sisi ini, kualitas dari kelas dan harga yang lebih tinggi sedikit unggul.

Layar

bagian depan moto e4 plus dan moto g5s plus

Ada yang sedikit menarik soal layar. Oke, yang membedakan keduanya adalah perbandingan rasio layar dan bodi, resolusi layar, dan ketajaman layar.

Moto G5s Plus Moto E4 Plus
Jenis layar IPS LCD IPS LCD
Ukuran 5,5 inci (rasio layar dan bodi ~71,3%) 5,5 inci (rasio layar dan bodi ~69,4%)
Resolusi 1080 x 1920 pixel, ~401 ppi 720 x 1280 pixel, ~267 ppi
Perlindungan Corning Gorilla Glass 3, oleophobic coating Corning Gorilla Glass 3

Terus terang, saya sempat “tertipu” dengan penampilan layar Moto E4 Plus. Karena dari sudut tertentu, tampilan layarnya lebih baik dari Moto G5s Plus. Misalnya kamu letakkan di meja dan kamu lihat dari sudut agak miring.

Kemudian saya mencoba mematikan fitur adaptasi layar, dan mencoba beberapa tingkat kecerahan. Yah, Moto G5s Plus punya kontras yang lebih baik, dengan warna hitam lebih pekat. Nuansa abu-abunya juga lebih natural, sementara Moto E4 Plus agak kebiruan.

Kamera

Saya pikir, untuk urusan kamera sudah cukup jelas. Di atas kertas, baik fitur dan kemampuan kamera Moto G5s Plus ada di atas angin. Baik foto dan video. Moto E4 Plus punya kemampuan yang cukup terbatas.

Moto G5s Plus Moto E4 Plus
 Kamera Belakang Kamera ganda
13 MP, f/2.0
Autofocus
HDR
Low light Mode
Professional Mode
Panorama Mode
Burst Mode
Depth Enabled
Dual LED flash (color balancing)
Kamera tunggal
13 MP, f/2.0, 1.12µm
Autofocus
HDR
Panorama
Beautyfication
LED flash
 Kamera Depan 8 MP, f/ 2,0
Wide-lens angle
Burst Mode
HDR
Panorama Mode
Beautification Mode
Professional Mode
5 MP, f/2.2, 1.4µm
Fixed-focus
Burst Mode
HDR
Beautification Mode
 Video Belakang Sampai 4K ultra HD @30fps
Slow Motion
Video stabilisation
720p@30fps
 Video Depan Sampai Full HD 1080p @30fps
Slow Motion
720p@30fps

Berikut sedikit perbandingan kamera belakang kedua handphone ini.

hasil kamera belakang moto e4 plus
Hasil kamera belakang Moto E4 Plus
hasil kamera belakang moto g5s plus
Hasil kamera belakang Moto G5s Plus
hasil kamera belakang moto g5s plus depth enabled
Hasil kamera belakang Moto G5s Plus Depth Enabled

Bisa kamu lihat, hasil foto kamera belakang Moto G5s Plus lebih terang dan lebih tajam. Lalu, ketika menggunakan fitur Depth Enabled (kamera ganda), latar belakang bisa lebih blur. Tapi karena sistem kamera ganda belum terlalu canggih, ada beberapa tempat yang ikut blur sebagai kelemahannya.

Performa

Di sisi ini, di atas kertas sudah terlihat Moto G5s Plus punya kelebihan. Bagaimanapun kelasnya berbeda. Paling tidak dari sisi dapur pacu.

Moto G5s Plus Moto E4 Plus
Chipset Qualcomm Snapdragon 625
Octa-core 2GHz Cortex-A53
Adreno 506
MediaTek MT6737
Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53
Mali-T720
RAM 3GB 4GB
Memori Internal 32GB 32GB
Baterai 5000 mAh, rapid charge 3000 mAh, TurboPower™

Untuk penggunaan sehari-hari, perbedaannya tidak terlalu terasa. Termasuk untuk menggunakan media sosial, browsing internet, chatting, dll. Ya, mungkin belum. Karena berdasar pengalaman—ketika memakai Moto E3 Power—faktor umur baru terasa setelah lewat 6 bulan.

Perbedaan baru terasa ketika kamu memotret, merekam video, atau bermain game yang cukup berat (dengan grafis bagus dan banyak aksi). Di sini, Moto G5s Plus terasa jauh lebih baik.

Untuk mengisi daya, Moto G5s Plus meninggalkan Moto E4 Plus jauh. Hal ini karena ia punya TurboCharge, fitur fast charging dari Motorola. Karena tidak punya fitur ini dan berkapasitas besar, mengisi daya Moto E4 Plus (dari kosong sampai penuh) cukup memakan waktu.

Tapi sekali mengisi daya sampai penuh, kamu bisa menggunakan Moto E4 Plus dengan tenang. Kapasitasnya besar. Hampir dua kali lipat Moto G5s Plus.

Fitur Lain

Mari kita bicarakan beberapa fitur unggulan dari kedua handphone tersebut.

Pertama, keduanya sama-sama mendukung dual SIM card (nano) dan SD card. Perbedaannya adalah slot dan cara menggantinya. Moto G5s Plus memiliki slot SIM card dan SD card di bagian samping (buka dengan pin). Sedangkan Moto E4 Plus ada di dalam casing.

Moto G5s Plus punya kamera ganda, sementara Moto E4 Plus hanya kamera tunggal. Ini memberikan perbedaan kualitas yang cukup jauh. Apalagi kemampuan kamera Moto E4 Plus cukup terbatas. Sebagai perbandingan lain: Moto Z2 Play, walau hanya kamera tunggal, punya sistem kamera canggih yang membuatnya tidak kalah dengan kamera ganda Moto G5s Plus.

Kemudian, Moto G5s Plus tidak memiliki fitur tambahan di bagian audio. Sementara Moto E4 Plus memiliki teknologi Dolby Atmos. Ketika melihat video YouTube, suara Moto E4 Plus memang lebih surround dan nyaring. Sementara karakter suara dari speaker Moto G5s Plus walau kalah surround, lebih “bulat”.

Kesimpulan

Bisa kamu lihat, untuk kemampuan, Moto G5s Plus memiliki lebih banyak keunggulan. Sekali lagi, tidak mengherankan. Selain karena kelas yang berbeda, Motorola memang berniat menjadikan handphone itu sebagai salah satu handphone kelas menengah terbaik.

Di sisi lain, kalau kamu punya dana terbatas, Moto E4 Plus layak jadi pilihan. Baik dari sisi desain, konstruksi, dan material tidak kalah dengan Moto G5s Plus. Lalu, kalau kamu memilih untuk membelinya, kamu tidak perlu berkecil hati. Kapasitas baterai besar dan fitur Dolby Atmos cukup bisa kamu banggakan.

Demikianlah sedikit perbandingan antara Moto G5s Plus dan Moto E4 Plus. Pilihlah Moto G5s Plus kalau dana mencukupi. Kalau tidak, ya nggak perlu sedih. Ada pilihan lain yang tidak kalah oke.

%d blogger menyukai ini: