Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Moto X4: Ambisi Handphone Kelas Menengah

motorola moto x4
Anom Penulis

Selain LG yang mengumumkan LG V30, Motorola (Lenovo) juga mengumumkan handphone baru, Moto X4. Bukan sebuah handphone flagship, tapi kelas menengah. Namun, Moto X4 cukup ambisius sebagai handphone kelas menengah.

Kenapa saya sebut cukup ambisius? Karena walaupun punya spesifikasi menengah, Moto X menawarkan fitur yang hadir di handphone flagship.

popculture.id

Moto X4 punya desain yang keren. Memang tidak sekeren Samsung Galaxy S8 atau LG GV30. Tapi tetap punya sisi premium. Yah, tidak kalah dengan Moto Z2.

motorola moto x4 putih

Lihat saja dari bodi bersalut metal, Gorilla Glass 4, dan sertifikasi IP68 (tahan air dan debu). Ini cukup mengejutkan. Sertifikasi ini malah lebih baik dari yang dimiliki Moto Z2.

Layarnya yang 5,2 inci juga cukup oke. Mendukung resolusi layar FHD 1920 x 1080 dengan ketajaman 424 ppi. Sayangnya layarnya LTPS IPS, bukan AMOLED. Tapi sejujurnya itu bukan problem besar.

Toh, Motorola Moto X4 juga mendukung fitur premium lain. Handphone ini punya fingerprint reader dan mendukung NFC. Menarik bukan?

bodi motorola moto x4

Bagaimana dengan spesifikasi dalamnya? Cukup standar untuk handphone kelas menengah. Prosesor Qualcomm Snapdragon 630, RAM 3 GB, penyimpanan 32 GB (mendukung microSD sampai 2 TB), dan baterai 3000 mAH dengan TurboPower.

Kalau dilihat, selain prosesor yang khas kelas menengah, spesifikasi lainnya boleh dibilang mumpuni. Mungkin pengolahan data tidak secepat handphone high-end, tapi untuk multitasking kelihatannya lebih dari cukup.

Selain fitur di atas — seperti bisa kamu lihat — Moto X4 dipersenjatai dengan kamera ganda di belakang. Kamera itu meliputi: Satu lensa 12 MP (f/2.0, 1,4 μm) dengan sensor Dual Autofocus dan satu lensa 8 MP ultra-wide (f/2.2, 1,12 μm, 120°). Plus dual LED flash.

kamera belakang moto x4

Sedangkan di bagian depan, ada satu kamera 16 MP (f/2.0, 1 μm) yang dilengkapi dengan selfie flash. Kamera depan ini juga dilengkapi dengan mode adaptive low light, yang akan meningkatkan ukuran piksel, tapi menurunkan resolusi jadi 4 MP. Selain itu kamera depan juga mendukung mode panorama.

Motorola juga membuat kamera Moto X4 lebih cerdas. Di dalamnya, ada fitur Landmark Detection. Ketika kamu mengarahkan kamera ke sebuah obyek, Moto X4 akan bertanya apakah kamu ingin tahu informasi lebih jauh soal obyek tersebut. Selain itu, seperti ada juga kekhasan Motorola seperti fitur Face Filter.

Usaha membawa fitur premium ke kelas menengah mungkin bukan hal baru. LG sebelum ini juga sudah membuat LG Q6 sebagai versi hemat dari LG G6. Tapi di atas kertas, fitur dan spesifikasi Moto X4 ada di atas LG Q6.

Sayangnya hal tersebut juga membuat harga Moto X4 juga jadi lebih mahal. Walau masih lebih murah dari handphone flagship, harganya cukup mendekati. Rencananya Motorola mulai akan memasarkan Moto X4 di Eropa pada bulan September dengan harga €399.

Sumber: Motorola

    %d blogger menyukai ini: