Smartphone Baru LG G6: Selamat Tinggal Modular

smartphone baru LG G6
Anom Penulis

Pada tanggal 26 Februari lalu, di acara Mobile World Congress 2017, LG mengumumkan smartphone baru andalan mereka, yaitu LG G6. Yang menarik, setelah berusaha menggebrak dengan konsep modular di LG G5, LG memutuskan untuk meninggalkan konsep tersebut dan kembali ke konsep konvensional dengan handphone terbaru ini.

Di sisi lain, LG membawa beberapa hal baru yang tidak kalah menarik. LG G6 memiliki format layar baru dengan sudut melingkar, tidak tajam seperti biasanya. Lalu, smartphone baru LG ini juga memiliki bingkai layar yang tipis untuk memaksimalkan ruang pandang pengguna.


Baca juga: Smartphone Nokia Terbaru: Nokia 6, Nokia 5 dan Nokia 3


Layar besar dan teknologi visual terbaru LG G6

Perbandingan antara bodi dan layar yang cukup ekstrim ini memang kelihatannya akan menjadi tren smartphone terbaru. Untuk handphone baru tahun 2017 ini, LG mengikutinya dan memilih smartphone layar besar daripada handphone modular.

LG menyebutkan bahwa untuk memaksimalkan kenyamanan penggunaan (pandangan pengguna), mereka juga menggunakan teknologi Dolby Vision, HDR 10, dan rasio 18:9 QHD+. LG bahkan berani menyatakan kalau LG G6 merupakan handphone pertama dengan teknologi Dolby Vision.

Kedua layar teknologi visual itu memungkinkan jangkauan warna yang lebih luas dan tingkat kecerahan layar yang lebih dalam. Apalagi dengan bidang layar 5,7 inci dan resolusi 2880 x 1440 ~564 ppi. Dengan begitu, LG G6 siap digunakan untuk menonton streaming video HD.

Handphone dengan Desain Cantik dan Anti Air

Saat melihat handphone LG G6, konsep desain minimalis mungkin melintas di benak kita. Secara visual, LG berhasil dengan desain tersebut. Simpel, kompak, berkelas.

Dibentuk dari bodi aluminium dan gelas, handphone ini hampir tidak memiliki sudut tajam. Desain ini ditujukan untuk kenyamanan pengguna saat memegang handphone dalam berbagai posisi. LG menyebutkan bahwa desain sudut melingkar itu ditujukan juga untuk menahan efek benturan kalau handphone jatuh.

Tidak hanya itu, smartphone baru LG ini juga didesain dengan standar IP68. Standar ini berarti bahwa LG G6 tahan debu dan anti air. Paling tidak, bisa bertahan di kedalaman air 1,5 meter selama 30 menit.


Baca juga: 8 Hal Tentang BlackBerry KEYone


Spesifikasi LG G6

Lucunya, di tahun 2017 ini, LG G6 hanya menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 821. Padahal, seperti kita ketahui, prosesor terbaru Snapdragon 835 sudah dirilis. Beberapa handphone, seperti Sony Xperia XZ dan Samsung Galaxy S8 disebut akan menggunakannya.

smartphone baru LG G6 belakang

Di samping itu, spesifikasi LG G6 bisa diharapkan sesuai handphone papan atas biasanya. RAM 4 GB, memori internal sampai 64 GB, atau baterai 3300 mAh. Fitur lain yang dimilikinya adalah NFC, USB type-C, fingerprint sensor, dan Qualcomm Quick Charge.

Di sisi kamera, LG G6 menggunakan dual kamera di bagian belakang. Yang satu dengan lensa 13 MP wide (f/2.2 / 125°), dan yang lain 13 MP standar OIS 2.0 (f/1.8 / 71°). Sedangkan kamera depannya berkualitas 5 MP wide (f/2.2 / 100°).

Handphone ini akan hadir dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat, lengkap dengan Google Assistant.


Baca juga: Review Moto Z: Konsep Smartphone Modular Menjanjikan


Sejauh ini, smartphone baru LG ini berhasil memikat secara visual. Yah, mungkin saya memang penyuka desain minimalis. Tapi toh kita tidak bisa mengelak dari fakta bahwa layar LG G6 memang luar biasa.

Di samping itu, pilihan LG untuk meninggalkan konsep modular kelihatannya cukup tepat. Karena secara keseluruhan, tampilan G6 lebih keren. Hm, cukup menarik melihat bagaimana LG meninggalkan konsep modular, sementara Lenovo menerapkannya di Motorola Moto Z.

LG G6 kelihatannya bisa membuat kompetisi handphone flagship semakin menarik. Tentu saja, kita masih perlu melihat gebrakan Samsung Galaxy S8/S8 Edge dan iPhone 8 mendatang. Dari sisi konsumen, ini cukup bagus. Karena pilihan handphone keren jadi semakin beragam.

    %d blogger menyukai ini: