Nama Sandi Perangkat Microsoft Surface Terbaru Bocor

konsep microsoft courier

Setelah cukup lama tidak membuat terobosan untuk perangkat keras, Microsoft dikabarkan akan memperkenalkan kategori baru dalam lini Surface mereka. Bahkan nama sandi perangkat Surface terbaru muncul bersama informasi menarik lain.

Surface merupakan lini perangkat keras dari Microsoft yang ditujukan sebagai contoh bagi produsen perangkat Windows lain. Surface Pro dan Surface Book berhasil mendorong berkembangnya perangkat 2-in-1, persilangan antara laptop dan tablet.

Brad Sams memberitakan bahwa ia sempat melihat beberapa dokumen internal yang berhubungan dengan perangkat Surface terbaru. Ia tidak memberi informasi banyak. Karena selain dokumen itu beredar secara internal, ada kemungkinan perubahan atau bahkan pembatalan.

Ada tiga perangkat yang disebut. Yang pertama bernama sandi Carmel, yang kedua Libra, dan yang satu lagi merupakan perangkat untuk proyek Andromeda.

BACA JUGA
Pengumuman Microsoft Xbox di Ajang E3 2018!

Perangkat yang bernama sandi Carmel disebut merupakan generasi terbaru Microsoft Surface Pro alias Surface Pro 6. Namun Brad menyebutkan bahwa karena Surface Pro 5 relatif belum lama dirilis, maka produk ini belum akan dirilis tahun ini.

Perangkat yang bernama sandi Libra disebut sebagai sebuah tablet Surface dengan harga lebih murah. Sebelum ini Bloomberg juga sudah merumorkan perangkat serupa.

konsep foldable phone microsoft surface

Salah satu konsep desain foldable phone Windows

Perangkat terakhir, yang disebut menjadi bagian proyek Andromeda, merupakan produk yang disebut akan menjadi kategori baru di lini Surface.

Proyek Andromeda merupakan upaya Microsoft untuk mengembangkan Windows 10 untuk  perangkat bergerak yang lebih ringkas dari tablet. Sebelum ini proyek ini sering dihubungkan dengan Surface Phone setelah Windows Phone bersama Windows 10 Mobile pensiun.

BACA JUGA
Surface Studio & Surface Dial, Visi Revolusioner Microsoft

Perangkat ini juga sering diidentikkan dengan foldable phone alias tablet yang bisa dilipat menjadi berukuran smartphone. Beberapa konsep, seperti Microsoft Courier (foto paling atas), sempat bocor. Fans Microsoft pun sering membuat konsep desain perangkat ini.

Selain itu, di Computex 2018, Intel menunjukkan prototipe perangkat yang disebut Tiger Rapids. Perangkat ini merupakan tablet dengan dua layar yang bisa dilipat. Lalu ada juga ASUS dengan Project Precog, yang walaupun berupa laptop, memiliki prinsip yang sama (dua layar).

Brad Sams menyebutkan kalau di dokumen internal yang ia lihat, perangkat Andromeda ini disebut akan rilis pada tahun 2018 ini. Melihat kecenderungan dari berbagai rekan Microsoft tadi, memang kelihatannya tren bergerak ke arah itu.

Sayangnya, berbeda dengan Lumia yang pernah beredar di Indonesia, lini Surface tidak pernah mampir secara resmi. Jadi kalau pun perangkat yang disebut di atas diumumkan, kita tidak akan menikmati langsung wujudnya.

Nah, kalau konsep proyek Andromeda — sebagai lini Surface terbaru — berhasil berjalan, baru saat itulah mungkin kita bisa menikmatinya melalui produk dari perusahaan rekanan Microsoft. Walau menurut saya adaptasinya tidak akan secepat itu.

Setelah beberapa tahun terakhir ini tren komputer kembali berusaha digalakkan, tahun ini (dan tahun lalu) kembali menjadi milik smartphone dengan tren layar bezel-less, notch, dan sidik jari di layar. Entah apakah proyek Andromeda bisa mendobrak tren ini. Dengan catatan, kalau jadi dirilis. Bukankah begitu?

Ada komentar?