Uji Coba Netflix Berantas Pengguna Berbagi Akun Berjalan Kacau

Anom Penulis

Nampaknya usaha Netflix memberantas pengguna yang berbagi akun dengan menawarkan paket tambahan tidak berjalan sesuai yang diinginkan. Bahkan pada beberapa pengguna justru memberikan hasil sebaliknya.

Memang sudah bukan rahasia lagi kalau pengguna sering membagi password atau akun Netflix. Entah yang mampu berlangganan menanggung mereka yang tidak mampu, atau berusaha agar lebih murah dengan patungan.

Namun bagi Netflix hal ini cukup merugikan. Di samping pendapatan tidak sesuai dengan jumlah penonton, mereka juga tidak bisa memastikan jenis tontonan populer dengan lebih detil (satu akun yang dipakai bersama bisa menunjukkan selera berbeda).

Netflix kemudian menguji coba membatasi bagi akun dan menawarkan paket tambahan untuk pengguna yang melakukannya. Mereka mengujinya di Chili, Kosta Rika, dan Peru.

little girl holding a tablet
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Nah, Rest of the World mewawancarai beberapa pengguna Netflix di Peru. Sebagian besar tidak mendapat pemberitahuan yang sama untuk perubahan atau uji coba ini. Bahkan setelah dua bulan sejak uji coba pertama kali meluncur.

Hasilnya, sebagian pengguna langsung membatalkan langganan mereka begitu tahu ada tambahan biaya (walau ada yang bilang sudah nggak tertarik sama tontonan di Netflix). Ada pula yang tetap berbagi akun seperti semula, cuek dengan pemberitahuan Netflix, dan belum terkena biaya tambahan.

Kebingungan juga muncul sehubungan dengan istilah “household” sebagai batasan siapa saja yang memakai akun Netflix. Idealnya, “household” merujuk pada pengguna yang tinggal dalam satu atap dengan yang punya akun. Namun tentu saja, selain anggota keluarga bisa tinggal atau menonton di tempat lain, pengguna juga sering berbagi pada teman mereka.

Salah satu pegawai Netflix setempat (yang meminta tidak disebutkan namanya) mengatakan kalau ada konsumen yang bertanya soal penggunaan akun di tempat lain itu, ia diminta bertanya lebih jauh dan menyarankan si pengguna memanfaatkan fitur kode verifikasi.

Nah, kalau kamu bingung membaca kejadian di atas, bayangkan bagaimana jika pembatasan berbagi akun Netflix ini meluncur secara global. Memang hal ini masih berada dalam tahap uji coba. Tapi itulah yang mungkin kamu hadapi.

    %d blogger menyukai ini: