Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Netflix Uji Coba Profil Gamer: Bisa Lihat Skor Player Lain, dll

Indri Penulis

Netflix saat ini tengah menguji coba fitur profil gamer. Lewat fitur ini pengguna bisa melihat game apa yang dimainkan pengguna lain, skor mereka, dll.

Niat Netflix untuk mendalami industri game kelihatannya makin serius.  Setelah merilis beberapa game dalam layanan Netflix Game-nya, kini Netflix kembali menunjukkan niat seriusnya untuk mengembangkan layanan Netflix Game.

popculture.id

Dikutip dari TechCrunch, Netflix baru-baru ini kedapatan menguji fitur profil gamer. Uji coba ini memungkinkan pengguna membuat profil game unik di subset game selulernya termasuk Into The Breach, Bowling Ballers, Mahjong Solitare, dan Heads Up!

Sebenarnya fitur ini pertama kali diuji dalam game Into The Breach mulai tanggal 19 Juli 2022. Baru setelah itu, Netflix mulai memperluas pengujian ke judul-judul lainnya.

Lebih lanjut, dalam pembuatan profil, pelanggan bisa menggunakan nama publik yang unik untuk memainkan permainan di Netflix. Selain itu, ikon dan nama asli pelanggan tidak akan terlihat oleh pelanggan Netflix Game lainnya. Itu artinya pelanggan bisa dikenal dengan ‘nama samaran,’ alih-alih nama dan identitas Netflix aslinya.

Di sisi lain, Netflix juga membekali fitur profil gamer beberapa kemampuan. Contohnya kemampuan mengundang pengguna lain untuk bermain game yang sama, sampai melihat peringkat mereka di papan skor. Oya, fitur ini juga akan memperlihatkan status online setiap pelanggan.

Sayangnya saat ditanya kapan fitur tersebut rilis, Netflix masih bungkam. Kurang lebih seperti ini pernyataan Netflix ketika ditanya soal kapan fitur tersebut rilis:

Kami selalu mencari cara untuk meningkatkan pengalaman anggota di layanan ini, dan mengeksplorasi berbagai fitur untuk memperkaya pengalaman game seluler Netflix. Kami tidak ada hal lain yang bisa dibagikan saat ini,” kata juru bicara Netflix, Kumiko Hidaka.

Kalau dilihat dari pernyataan tersebut, berarti tujuan Netflix nggak cuma sekedar menghadirkan game seluler yang bisa dimainkan pelanggan langsung dari aplikasi streaming. Lebih dari itu, Netflix ingin mendorong pelanggan berpartisipasi dalam game, dan mungkin ‘mabar dengan pelanggan lain’ di masa depan (tergantung game-nya juga sih).

Tapi pertanyaannya, apakah fitur ini akan berhasil? Mengingat basis pengguna Netflix Game masih sangat kecil. Perusahaan data aplikasi Apptopia baru-baru ini menemukan bahwa Netflix Game cuma punya rata-rata pengguna 1,7 juta per hari.

Sedangkan CNBC melaporkan bahwa total jumlah unduhan Netflix Game hanya 23,3 juta hingga saat ini. Padahal Netflix punya total 221 juta pelanggan. Sungguh perbandingan yang sangat jauh bukan?

    %d blogger menyukai ini: