Netflix VS Hulu: Platform Streaming Mana yang Kalian Pilih?

Netflix VS Hulu? Jika disuruh memilih, mana yang kalian pilih? Simak artikel ini untuk mengatahui perbandingan diantara keduanya.

Pasar streaming saat ini memang semakin ramai. Hal ini ditandai dengan hadirnya berbagai platform streaming dengan fitur-fitur menariknya.

Kali ini saya akan membahas dua platform streaming yang populer. Kedua platform itu adalah Netflix dan Hulu. Apa kalian menggunakan salah satu dari mereka?

Sebenarnya baik Hulu atau Netflix memiliki acara dan film berbeda. Selain itu, kedua platform ini juga memiliki tampilan dan fitur yang berbeda.

Namun bagi kalian yang masih bingung untuk memilih antara keduanya, maka jangan khawatir. Berikut ini perbandingan antara Netflix dan Hulu yang perlu kalian ketahui.

Sumber Gambar : PC Mag

Netflix VS Hulu

Netflix dan Hulu adalah sebuah layanan streaming. Kedua plaform ini memiliki koleksi konten yang dikemas dalam acara TV, film, serial, hingga film dokumenter.

Kedua platform ini bisa diakses melalui browser, aplikasi mobile, PC atau konsol. Selain itu, beberapa TV juga telah terintegrasi dengan platform tersebut.

Netflix dan Hulu menyajikan acara-acara terbaru. Biasanya kalian juga bisa menemukan sitkom klasik dan serial TV lama di platform ini.

Hulu menyajikan banyak tayangan Disney. Hal ini karena Hulu menjalin kerjasama dengan Disney sebelumnya.

Sementara Netflix lebih condong ke acara umum dan film-film berbagai genre. Platform ini memiliki lebih dari 140 juta pelanggan di dunia.

Ketersediaan

Secara teknis, Hulu hanya tersedia di AS. Namun beberapa orang khususnya di Indonesia mungkin ada yang menggunakan Hulu VPN agar bisa mengaksesnya.

Sedangkan Netflix, layanan ini telah menyebar ke lebih dari 190 negara. Beruntungnya, layanan ini sudah bisa dinikmati di Indonesia. Jadi kalian tidak perlu menggunakan VPN untuk mengaksesnya.

Paket Harga

Harga selalu menjadi pertimbangan penting dalam segala hal, tidak terkecuali layanan streaming. Netflix dan Hulu memiliki cara berlangganan yang agak berbeda.

Netflix memiliki struktur penetapan harga tiga tingkat. Kalian bisa memilih Paket Dasar per bulan untuk streaming SD, Paket Standar untuk streaming HD, dan Paket Premium untuk streaming 4K HDR.

Hulu menawarkan streaming HDR 4K pada paket termurah. Sayangnya, dalam setiap paket kalian akan menemukan iklan. Untuk menghapus iklan, kalian harus membayar biaya tambahan per bulan.

Tampilan

Hulu memang punya lebih banyak fleksibiltas dalam bundel konten tambahan. Tapi Netflix adalah pemenang dari segi tampilan dan fitur user friendly.

Saat pertama menggunakan, Netflix jauh lebih lebih mudah digunakan. Selain itu, platform ini memungkinkan pengguna menonton acara secara offline.

Sementara itu, Hulu memiliki tampilan yang kurang user friendly. Tidak hanya itu, platform streaming ini juga masih minim tampilan offline.

Konten

Netflix menyajikan sekitar 8.000 judul acara, mulai dari film dokumenter sampai biopik. Kalian juga bisa menemukan acara komedi hingga serial TV populer.

Selain itu, platform ini juga menyajikan Netflix Originals. Fitur tersebut memungkinkan kalian menonton acara asli milik Netflix seperti Stranger Things dan Bojack Horseman.

Sedangkan Hulu, platform ini memiliki hubungan dengan ABC, CBS, NBC dan Fox. Kalian bisa menemukan acara penting seperti Saturday Night Live, The Handmaid’s Tale hingga Marvel’s Runaways.

Kesimpulan

Baik Hulu atau Netflix, mereka sama-sama menawarkan banyak hal ke pelanggan. Kedua platform juga memiliki tingkatan harga berbeda untuk setiap paket.

Tapi secara pribadi, saya memang lebih suka Netflix. Sebab selain mudah diakses di Indonesia, Netflix punya konten lebih beragam dan bebas iklan.

Namun di sisi lain Hulu juga tidak kalah bagus, apalagi bagi penggemar Disney. Kalian bisa streaming acara Disney secara lengkap di platform ini.