Nintendo Switch Lite Hadir dengan Perbedaan Signifikan

foto: Nintendo

Setelah melalui berbagai rumor dan bocoran, Nintendo Switch Lite hadir di tengah kita. Sebagai versi yang lebih kecil, konsol game genggam ini pun punya harga lebih terjangkau.

Nintendo Switch memang sudah menjadi salah satu konsol game paling populer. Tidak heran, berbagai rumor selalu hadir. Salah satunya adalah bocoran casing silikon dengan embel-embel nama ‘Switch Mini 2‘.

Ternyata saat dirilis namanya adalah Nintendo Switch Lite. Walau begitu, rumor dan bocoran (bahkan gambar render) yang beredar tidak terlalu luput.

Yuk kita lihat konsol game ini. Apa sih perbedaan Switch Lite dengan Nintendo Switch?

Lebih Ringkas Di Segala Aspek

nintendo switch lite
foto: Nintendo

Nintendo merilis Switch Lite dengan tujuan untuk menghadirkan konsol favorit ini dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan begitu, mereka mengubahnya khusus untuk handheld mode. Tapi apa artinya?

Yang pertama, Switch Lite berukuran sedikit lebih kecil. Tingginya 3,6 inci, panjangnya 8,2 inci, dan layarnya 5,5 inci. Sedangkan Nintendo Switch punya tinggi 4 inci, panjang 9,4 inci, dan layanrnya 6,2 inci.

Kedua, Switch Lite punya kontroler yang menjadi satu di bodi (unibody). Jadi tanpa Joy-Con. Dengan begitu, konsol ini tidak bisa dipakai dengan docking, dan tidak ada kabel HDMI atau kickstand yang menyertainya.

Ketiga, Switch Lite hanya mendukung game yang dibuat untuk handheld mode. Untuk game non-handheld, pengguna harus menghubungkan konsol dengan kontroler nirkabel. Jika memakai Joy-Con, pengguna harus menggunakan perangkat untuk mengisi daya, seperti Joy-Con charging grip.

warna nintendo switch lite
foto: Nintendo

Yang keempat adalah pilihan warna. Pilihan Nindento Switch terletak pada warna Joy-Con. Abu-abu atau merah dan biru. Nah, Switch Lite memiliki tiga pilihan warna bodi, yaitu kuning, abu-abu, dan turquois.

Sedangkan yang kelima adalah harganya. Switch Lite memiliki harga $199.99. Sedangkan Nintendo Switch punya harga $299.99.

Edisi Khusus Pokemon Zacian dan Zamazenta

Nah, perbedaan di atas adalah perbandingan yang lebih umum. Namun, Nintendo Switch Lite punya satu keunikan lagi. Konsol ini tersedia dalam edisi khusus Pokemon.

Nama edisi khusus ini adalah Zecian and Zamazenta Edition. Kedua nama itu merupakan nama Pokemon legendaris, yang hadir di game Pokemon Sword dan Pokemon Shield.

Edisi Khusus Zacian dan Zamanenta (foto: Nintendo)

Berbeda dengan ketiga pilihan warna sebelumnya, edisi khusus ini hadir dengan warna abu-abu muda. Tapi tombol kiri dan kanan berbeda. Lebih mirip Nintendo Switch. Yang sebelah kiri punya tombol warna biru muda, sedangkan sebelah kanan berwarna merah muda (merah dadu).

Lalu di bagian belakang konsol ini terdapat gambar kedua Pokemon legendaris. Zacian dan Zamanenta hadir dengan warna wabu-abu yang sedikit lebih gelap.

Kalau kamu masih penasaran, silakan kunjungi situs resmi Nintendo. Mau pilih yang mana, hayo?