Nokia Menjadi Merk Paling Rajin Update Android

Sumber Gambar : CIT Daily

Bicara soal update Android memang gampang-gampang susah. Karena tidak semua merk melakukannya bersamaan. Riset terbaru menyebutkan kalau Nokia berhasil menjadi merk yang paing rajin memberikan update Android di smartphone produksinya.

Riset tersebut dilakukan oleh Counterpoint. Mereka merilis laporan yang berjudul “Software and Security Updates: The Missing Link for Smartphones“.

Update untuk Android yang rutin biasanya meliputi pembaruan keamanan dan pembaruan software/firmware. Selain itu ada juga update “besar” yang merupakan pembaruan sistem operasi itu sendiri (misalnya Android 8 Oreo jadi Android 9 Pie).

Hasil Riset

Peter Richardson, Research Director Counterpoint, berkata “Pembaruan sistem operasi dan keamanan merupakan aspek yang mendapat perhatian kecil. Berdasar pengalaman melakukan riset, hanya sedikit merk yang memberi fokus pada hal ini. Karena produsen tidak banyak membicarakannya, konsumen pun memiliki kesadaran yang rendah. Pembaruan tidak muncul dalam 10 hal yang paling diperhatikan dalam riset.”

Tarun Pathak, Associate Director Counterpoint, berkomentar untuk hasil riset, “Nokia duduk di posisi nomor 1 untuk masalah update. Hampir 96% smartphone Nokia yang dijual sejak kuartal ke-3 tahun 2018, sudah menjalankan Android 9 Pie. Samsung duduk di posisi nomor 2 dengan 89% dan Xiaomi hadir di posisi ketiga dengan 84%.”

Tarun Pathak juga menambahkan, “Ada banyak faktor yang menentukan proses pembaruan perangkat lunak. Tapi beberapa merk memberikan usaha lebih dalam mengurangi keterlambatan rilis versi terbaru Android di ponsel. Hanya sedikit merk yang memastikan ponsel mereka menjalankan Android terbaru. Nokia merupakan yang tercepat dalam melakukan update, meliputi 94% ponsel mereka dalam waktu satu tahun sejak versi Android terbaru dirilis.”

Grafik perbandingan waktu update Android (gambar: Counterpoint)

Analis Riset, Abhilash Kumar menambahkan, “Seringkali, perangkat dengan harga mahal mendapat update terlebih dulu. Tapi mendapat pembaruan untuk ponsel harga menengah dan bawah juga sama pentingnya dengan ponsel flagship. Kami (Counterpoint) juga menganalisis performa tiap merk berdasarkan kategori harga. Lagi-lagi, Nokia berhasil tampil di depan sebagai merk yang memberi pembaruan di semua ponselnya dengan cepat.”

Keuntungan Android One

Usaha Nokia memberi update Android memang layak diacungi jempol. Tapi bagaimana mereka bisa menerapkan pembaruan dengan cepat?

Mungkin salah satunya karena hampir semua ponsel mereka ikut dalam program Android One. Dengan begitu, Android yang ada di smartphone Nokia merupakan Android murni. Hal ini tentu saja mempermudah dan mempercepat proses update.

Sedangkan pabrikan lain yang menggunakan skin Android mereka sendiri, harus mengadaptasi dulu, baru memberi update. Oleh karena itu, tidak heran mereka memprioritaskan ponsel yang paling populer terlebih dulu.

Memang, skin Android dari masing-masing merk pun punya keunggulan tersendiri. Toh, masalah update juga cukup penting. Terutama pembaruan keamanan.

Jadi, apa kalian peduli dengan update Android?

More Stories
Patenkan Ponsel Baru, LG Siap Luncurkan Tiga Kamera Selfie