Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Mitra Sejak 16 Tahun Lalu, Ponsel Nokia Tidak Pakai Lensa Zeiss Lagi

Indri Penulis

Kabar terbaru mengatakan kalau ponsel Nokia terbaru tidak akan pakai lensa ZEISS lagi, karena kemitraan dengan ZEISS berakhir pada 2021.

Gosip ini pertama kali diutarakan oleh situs NokiaMob. Situs tersebut mengatakan kalau ponsel Nokia di masa depan tidak akan datang dengan merek ZEISS seperti yang sudah mereka lakukan selama lebih dari 5 tahun.

popculture.id

HMD Global, perusahaan yang membuat ponsel Nokia, juga telah mengonfirmasi kalau kerjasamanya dengan brand ZEISS telah berakhir. Sebenarnya kerja sama ini telah berakhir sejak tahun 2021, tapi HMD Global baru mengonfirmasinya akhir Juli 2022 (tepatnya setelah NokiaMob tahu kalau merek tersebut telah dihapus dari situs web ZEISS).

ZEISS yang notabene sekarang sudah resmi menjadi ‘mantan mitra’ juga ikut berkomentar:

Setelah kolaborasi yang panjang dan sukses, pada tahun 2021 ZEISS dan HMD Global telah sepakat untuk tidak memperpanjang kemitraan non-eksklusif yang mencakup kolaborasi untuk teknologi pencitraan smartphone bermerek ‘Nokia’ dengan ZEISS sebagai mitra konsultasi dan pengembangan.

Nah kalau kemitraan telah berakhir sejak tahun 2021, kira-kira mana ponsel Nokia yang menggunakan lensa ZEISS untuk terakhir kalinya? Ponsel Nokia terakhir yang pakai lensa ZEISS adalah Nokie XR20 yang rilis Agustus 2021.

Sayangnya sampai sekarang belum diketahui alasan resmi kenapa kemitraan HMD Global dan ZEISS tidak berlanjut. Jadi belum jelas apakah itu keputusan bersama dari dua perusahaan, atau cuma keputusan sepihak.

Sementara itu sejak ponsel Nokia diambil alih oleh HMD Global, sampai sekarang belum ada satu pun ponsel Nokia yang berhasil viral atau popularitasnya menyamai ponsel-ponsel lain seperti Samsung, Xiaomi, dll.

Saat Nokia masih membuat ponselnya sendiri, mereka juga telah bermitra dengan ZEISS. Nokia N90 yang rilis tahun 2005 adalah ponsel pertama yang berkolaborasi dengan ZEISS, dan kemudian berlanjut ke handset lain seperti Nokie N95, Nokia 808 PureView dan juga Nokia Lumia Series.

HMD Global sendiri resmi bermitra dengan ZEISS sejak tahun 2017. Dari kolaborasi tersebut, Nokia membawa opsi ZEISS ke hadset seperti Nokie 8.3 5G dan Nokia 9 PureView.

Di sisi lain, ZEISS sebenarnya tidak sepenuhnya mundur dari ruang fotografi seluler. Walau lepas kontrak dengan HMD Global, tapi ZEISS di tahun 2020 resmi bekerja sama dengan Vivo sampai sekarang. Bahkan ponssel Vivo X80 Series yang rilis April lalu juga telah menggunakan lensa ZEISS. Kemungkinan besar kita nanti juga akan melihat lebih banyak ponsel Vivo yang pakai lensa ZEISS di masa depan.

    %d blogger menyukai ini: