Nominasi Best Mobile Games “Pokemon Unite” Dapat Sambutan Protes

pokemon unite

“Pokemon Unite” mendapat nominasi best mobile games di The Games Award 2021 dan User’s Choice di Google Play Store. Namun, hal yang seharusnya dirayakan ini justru menarik protes dari para pemain.

Di The Games Awards 2021, “Pokemon Unite” bersaing dengan “Fantasian”, “Genshin Impact”, “League of Legends: Wild Rift”, dan “Marvel Future Revolution.”

Sementara di Google Play Store User’s Choice Awards, “Pokemon Unite” bersaing di antaranya dengan “Garena Free Fire MAX”, “Play Together”, “Ragnarok X: Next Generation”, dan “The Walking Dead: Survivors.”

Akun resmi “Pokemon Unite” mempublikasikan nominasi best mobile games itu di Twitter. Mereka juga membagi tautan tempat para pemain bisa memberikan pilihannya.

Namun publikasi itu justru mendapat tanggapan keras dari sebagian pemain. Mereka berpendapat kalau masih ada banyak masalah di dalam game “Pokemon Unite.” Sehingga tidak layak mendapat suara mereka.

Berbagai masalah yang disebutkan antara lain adalah matchmaking yang buruk, unsur pay-to-win (held items bisa upgrade lebih cepat), account authorization has expired, karakter Pokemon yang tidak seimbang kemampuannya, dan harga skin yang terlalu mahal.

Bahkan ada pula yang menunjukkan bot di dalam permainan (video menunjukkan versi Nintendo Switch). Para Pokemon yang diduga bot ini akan secara otomatis berbalik dari goal zone jika ada yang menjaganya.

Tentu, ada pula yang mendukung game ini dan menyatakan kalau “Pokemon Unite” memang layak jadi best mobile games tahun ini. Jumlahnya pun tidak sedikit.

Yang tidak kalah menarik, walau masuk di dalam User’s Choice Awards di Google Play Store, rating “Pokemon Unite” justru mengalami penurunan. Saat artikel ini ditulis, di pencarian Google, game ini menunjukkan rating 4 di Play Store. Namun di Play Store sendiri, rating sudah turun jadi 3,9.

Sejujurnya, “Pokemon Unite” memang sebuah permainan yang menyenangkan. Asik dimainkan di waktu senggang karena durasi yang tidak lama, dan menantang karena membutuhkan strategi jitu. (silakan intip tips “Pokemon Unite”). Walau begitu, harus diakui memang game ini memiliki masalahnya sendiri (silakan baca review “Pokemon Unite”).

Nah, kalau kamu sendiri, apa pilihan best mobile games tahun ini?

%d blogger menyukai ini: