NVIDIA DLSS Tingkatkan Kualitas Visual Battlefield 2042 & DOOM Eternal

Teknologi DLSS dari NVIDIA sudah meningkatkan kualitas visual berbagai game AAA. Teknologi NVIDIA DLSS pun kini mendukung game DOOM Eternal dan siap hadir untuk Battlefields 2042. Hm, peningkatannya seperti apa ya?

Memang sudah bukan rahasia lagi kalau kualitas visual bisa mempengaruhi kepuasan main game. Lalu bicara soal kualitas, bukan berarti hanya tampilan resolusi besar yang tajam saja. Tapi juga frame rates dan konsistensinya.

Sebelum ini, berbagai game populer sudah mendukung teknologi NVIDIA DLSS. Misalnya Death Stranding, Crysis Remastered, Control, Call of Duty: Warzone, dll.

Jadi, sebelum melihat bagaimana efek NVIDIA DLSS di game DOOM Eternal dan Battlefields 2042, kita cek dulu yuk bagaimana teknologi ini bekerja.


NVIDIA DLSS – Kualitas Visual Berteknologi AI

NVIDIA DLSS adalah teknologi algoritma super resolusi berbasis artificial intelligence (AI) yang ditenagai oleh keping Tensor Core yang ada di GPU GeForce RTX 30 Series. Teknologi ini bisa merekonstruksi gambar dari resolusi rendah (misal 1080p) dan menampilkan ke layar resolusi tinggi (misal 4K) dengan kualitas yang setara atau bahkan lebih baik.

Untuk bisa mengembangkan gambar 4K yang punya 8,2 juta pixel dari gambar FHD 1080p yang punya 2 juta pixel, DLSS akan memprediksi 6,2 juta pixel sisanya dari 4 jenis masukan data.

  • Gambar resolusi yang lebih rendah dari game engine (contoh 1080p).
  • Gerakan vector gambar tersebut dari game engine, sebagai proyeksi arah dari frame satu ke frame lain.
  • Hasil gambar resolusi tinggi dari proses DLSS sebelumnya (4K)
  • Data gambar berkualitas16K dari berbagai konten game yang digunakan untuk melatih AI.

Data tersebut kemudian diolah dengan beberapa proses.

  • Convolutional autoencoder menentukan bagaimana gambar resolusi tinggi seharusnya tampil pixel demi pixel.
  • Proses ‘Temporal feedback’ melacak pergerakan obyek dan mengurangi gangguan/distorsi pada gambar.
  • Proses ‘Temporal super-sampling’ melacak tiap pixel pada tiap frame gambar.

Hasil pengolahan data itu kemudian dibandingkan dengan gambar kualitas tinggi 16K sebagai proses pelatihan prediksi AI. Melalui komputer super milik NVIDIA, proses ini berjalan terus menerus sehingga hasilnya semakin akurat.

Hasil inilah yang kemudian dihadirkan oleh GPU GeForce RTX 30 Series dengan kemampuan Tensor Core sampai 285 teraflops khusus untuk AI.


DLSS Hadir di DOOM Eternal

Seperti disebut di atas, teknologi NVIDIA DLSS kini hadir di game DOOM Eternal. Ada dua hal menarik dari update terbaru dari Doom Eternal. Pertama adalah dukungan Real Time Ray Tracing dan kedua adalah NVIDIA DLSS.

Dengan dukungan Real Time Ray Tracing, kini semua permukaan obyek—seperti kaca, air, logam—bisa memantulkan bayangan lebih detil. Bahkan bias cahaya dari tembakan. Dengan begitu, tampilan game bisa memberi pengalaman lebih realistis.

Kamu bisa melihat contohnya dari perbandingan gambar di bawah ini (kamu juga bisa melihat perbandingan dalam kualitas 4K).

Kedua, dukungan NVIDIA DLSS di Doom Eternal selain menjaga kualitas visual tetap prima, juga dapat meningkatkan performa. Baik pada “Performance Mode” maupun “Quality Mode” dengan GeForce RTX 30 Series, bahkan pada generasi sebelumnya, seperti GeForce RTX 2080Ti dan RTX 2060.

Silakan cek GeForce Game Ready Driver atau lihat di aplikasi GeForce Experience untuk mendapatkan pembaruan terkini.


DLSS di Battlefield 2042

Game Battlefield 2042 meluncur pada tanggal 22 Oktober 2021. Untuk mengantisipasi antusiasme gamer, NVIDIA berkolaborasi dengan EA dan DICE sebagai rekan GPU resmi.

Artinya, game Battlefield 2042 akan mendukung DLSS untuk peningkatan frame rate tanpa mengorbankan kualitas gambar. Lalu teknologi NVIDIA Reflex juga akan hadir untuk mengurangi latensi sistem, sehingga tembakanmu bisa lebih akurat.

NVIDIA menyebutkan kalau dukungan untuk game Battlefield 2042 akan hadir saat rilis melalui GeForce Game Ready Driver, juga optimalisasi setelan permainan dengan satu klik di aplikasi GeForce Experience.

%d blogger menyukai ini: