Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

NVIDIA Umumkan Kartu Grafis GeForce RTX 40 Series

Anom Penulis

NVIDIA mengumumkan kartu grafis GeForce RTX 40 Series yang menggunakan arsitektur GPU generasi ke-3, Ada Lovelace. Bersama kartu grafis baru ini, juga hadir berbagai fitur baru, seperti DLSS 3 dan kemampuan menampilkan ray tracing ke level berikutnya.

Performa beserta fitur GeForce RTX generasi sebelumnya sudah mendapat sorotan. Termasuk juga mendorong berbagai laptop gaming dan kreator jadi lebih powerful, bukan komputer desktop saja. Perkembangannya kali ini pun tidak kalah dahsyat.

popculture.id

GPU Ada Lovelace

Arsitektur GPU Ada Lovelace — yang diambil dari nama matematikawan perempuan Inggris — dibangun dengan proses 4nm dari TSMC secara khusus. GPU ini memiliki transistor berjumlah 76 milyar (dibanding generasi sebelumnya yang ‘hanya’ 28 milyar).

arsitektur nvidia ada lovelace geforce rtx 40 series

GPU ini juga memiliki Streaming Multiprocessor (SM) baru yang memiliki kekuatan performa sampai 83 TFLOPS. Kemampuan ini lebih dari dua kali lipat dari generasi sebelumnya. NVIDIA juga memperkenalkan teknologi  Shader Execution Reordering (SER) yang secara dinamis mengatur kinerja shader secafa lebih efisien.

Untuk Ray Tracing, GPU Ada Lovelace menggunakan generasi ke-3 RT Core. Generasi baru Ray Tracing core ini mampu mengantar performa puncak sampai 2,8 kali lipat. Misalnya dengan GeForce RTX 4090 performanya bisa mencapai 191 TFLOPS.

Lalu, untuk kemampuan artificial inteligence (AI), GPU ini menggunakan Tensor Core generasi ke-4. Kemampuan Tensor Core baru inilah yang menghadirkan DLSS 3 dan teknologi Optical Flow Accelerator baru.

Di samping itu, NVIDIA juga meletakkan teknologi dua NVIDIA Encoder (NVENC) generasi ke-8 yang juga sudah mendukung format AV1. Teknologi ini akan memberikan efisiensi tersendiri pada para livestreamer, video editor, dan yang sering melakukan video call.

DLSS 3

Dari sisi perangkat lunak, DLSS 3 menjadi sorotan pada GeForce RTX 40 Series ini. Teknologi Deep Learning Super Sampling (DLSS) terbaru dari NVIDIA ini menghadirkan Optical Multi Frame Generation berbasis AI baru.

performa dlss 3 geforce rtx 40 series

DLSS 3 juga menggabungkan teknologi DLSS Super Resolution, DLSS Frame Generation, dan NVIDIA Reflex untuk meningkatkan performa. Kalau generasi sebelumnya ‘hanya’ mampu meningkatkan performa hingga 2 kali lipat, maka kali ini performanya bisa meningkat sampai 4 kali lipat.

GeForce RTX 4090 dan 4080

GeForce RTX 4090 dan RTX 4080 akan menjadi kartu grafis pertama yang membawa semua teknologi dan fitur baru di atas. NVIDIA menyebutkan kalau GeForce RTX 4090 memiliki performa dua kali GeForce RTX 3090Ti dan RTX 4080 dua kali kemampuan RTX 3080Ti.

GeForce RTX 4090 memiliki VRAM G6X 24GB dan mulai akan tersedia pada bulan Oktober 2022. Sedangkan GeForce RTX 4080, yang hadir dalam dua varian 16GB dan 12GB, akan mulai tersedia pada bulan November 2022.

    %d blogger menyukai ini: