OPPO Reno 3 dan Reno 3 Pro Rilis di Cina dengan Quad Kamera

OPPO telah meluncurkan OPPO Reno 3 dan Reno 3 Pro di Cina. Smartphone 5G ini hadir dengan quad kamera yang siap memanjakan pengguna.

Teknologi 5G saat ini telah dipakai produsen smartphone sedikit demi sedikit. Salah satu produsen smartphone yang mulai menggunakan teknologi 5G adalah OPPO.

Hal ini dibuktikan dengan peluncuran OPPO Reno 3 dan Reno 3 Pro beberapa waktu lalu. Kedua produk ini resmi menjadi smartphone 5G pertama OPPO.

Selain mengusung teknologi 5G, ada beberapa fitur yang disajikan oleh Reno 3 dan Reno 3 Pro. Salah satunya adalah quad kamera yang ada di belakang ponsel.

OPPO Reno 3 dan Reno 3 Pro Rilis

Tampilan

Sumber Gambar : XDA Developers

Kedua ponsel ini sekilas memiliki tampilan yang sama. Hanya saja perbedaan antara kedua ponsel terletak pada layar datar di Reno 3. Sedangkan Reno 3 Pro menggunakan layar melengkung.

Sementara perbedaan lain terlihat pada desain kamera depan. Reno 3 Pro memiliki lubang kamera di bagian depan. Sedangkan varian regular mengadopsi tampilan waterdrop notch.

OPPO Reno 3

Sumber Gambar : XDA Developers

Smartphone Reno 3 hadir dengan chipset MediaTek Dimensity 1000L SoC. Ini adalah SoC high-end 7nm dari MediaTek yang terintegrasi dengan 5G.

Reno 3 hadir dalam dua varian. Varian dasar dibekali RAM 8GB dan memori internal 128GB. Sedangkan varian yang lebih tinggi hadir dengan RAM 12 GB dan memori internal 128GB.

Smartphone ini juga dibekali fast-charging 30W VOOC Charging 4.0. Teknologi ini mampu mengisi daya ponsel 0 – 50% hanya dalam waktu 20 menit.

Sumber Gambar : XDA Developers

Di sisi lain, Reno 3 dibekali empat kamera belakang (quad camera). Kamera pertama menggunakan sensor shooter utama 64MP. Kamera kedua adalah shooter ultra-wide-angle 8MP.

Sementara yang ketiga menjadi kamera monokrom. Sedangkan kamera keempat khusus untuk membuat foto potret. Ada pula kamera depan dengan resolusi 32MP.

OPPO Reno 3 Pro

Sumber Gambar : XDA Developers

Reno 3 Pro hadir dengan spesifikasi premium. Hal ini bisa dilihat dari tampilannya yang melengkung. Sedangkan pada Reno 3 mengusung konsep layar datar.

Selain masalah layar, ponsel ini memiliki refresh rate 90Hz dan dukungan HDR 10+. OPPO bahkan mengklaim Reno 3 Pro sebagai ponsel 5G dual-mode tertipis yang ada di pasaran.

Walau tipis, tapi ponsel ini memiliki baterai besar yakni 4.025 mAh. Ponsel ini juga mendukung fast-charging 30W VOOC Charging 4.0.

Di sisi lain, ponsel ini ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 765G. Perlu diketahui, ini adalah SoC Qualcomm pertama yang terintegrasi dengan 5G.

SoC ini akan mengkonsumsi daya lebih rendah. Tapi sayangnya, modem Snapdragon X52 di prosesor Snapdragon 765 memiliki konektivitas 5G yang agak lambat.

Sama seperti Reno 3, Reno 3 Pro juga hadir dalam dua varian. Varian pertama dibekali RAM 8GB dan memori internal 128GB. Sedangkan varian yang satunya hadir dengan RAM 12 dan memori internal 256GB.

Sumber Gambar : XDA Developers

Pengaturan kamera di Reno 3 Pro tidak terlalu menarik, tapi masih unik. Ada kamera utama dengan sensor Sony IMX586 48MP, kamera telephoto 13MP, kamera ultra-wide 8MP, dan depth sensor 2MP.

Reno 3 Pro menempatkan kamera depan di sisi kanan layar. Desain kamera depan berbeda dengan Reno 3, yakni tanpa poni (notch). Kamera depan ini mempunyai resolusi 32MP.

Harga

Sumber Gambar : XDA Developers

Reno 3 tersedia dalam warna Black, White, Starry Night Blue dan Sunrise. Untuk varian 8GB + 128GB, dibanderol dengan harga $485 atau sekitar Rp 6,7 juta.

Sementara untuk varian 12GB + 128GB dibanderol dengan harga $530 atau sekitar Rp 7,3 juta. Semua varian akan tersedia di Cina, 31 Desember 2019.

Sumber Gambar : XDA Developers

Di sisi lain, Reno 3 Pro juga tersedia dalam warna Black, White, Starry Night Blue dan Sunrise. Varian 8Gb + 128GB dibanderol dengan harga $570 atau Rp 7,9 juta.

Sedangkan varian 12GB + 256Gb dipatok dengan harga $640 atau Rp 8,9 juta. Pre-order varian dasar di Cina dimulai 31 Desember 2019. Sedangkan varian lebih tinggi tersedia 10 Januari 2020.

Sampai saat ini belum ada kabar, kapan kedua ponsel itu masuk ke Indonesia. Ya kita tunggu saja. Bisa jadi ada kejutan akhir tahun, atau mungkin ponsel akan ke Tanah Air 2020 mendatang.