OPPO Reno 3 Tidak Pakai Kamera Sirip Hiu Lagi?

oppo reno 3
Anom Penulis

Smartphone seri Reno dari OPPO terkenal unik karena desain kamera depan yang seperti sirip hiu. Namun, bocoran dan teaser menunjukkan kalau OPPO Reno 3 tidak akan memakai rancangan kamera sirip hiu lagi.

OPPO sedang bersiap untuk merilis ponsel terbarunya ini di Cina pada akhir bulan ini. OPPO sudah menunjukkan beberapa teaser yang memperlihatkan beberapa aspek yang dimilikinya. Beberapa fitur dan spesifikasi yang dimiliki ponsel terbaru OPPO ini memang menarik.

Disebutkan bahwa Reno 3 Pro akan memakai chipset Snapdragon 765G dengan baterai 4025mAh. Lalu versi Reno 3 biasa akan menggunakan chipset MediaTek Dimensity 1000L yang belum diumumkan. Mantap.

Kemudian, ponsel ini juga disebut sangat tipis. Versi Pro dikatakan hanya memiliki ketebalan 7,7mm. Sedangkan bersi biasa memiliki ketebalan 7,9mm.

Kalau kamu perhatikan, rancangan desain kamera OPPO Reno 3 berbeda dengan generasi sebelumnya, OPPO Reno dan Reno 2. Di sini tidak terlihat bentuk pop-up ala sirip hiu. Alih-alih, OPPO memasang desain yang sekarang umum terdapat di berbagai smartphone.

Bocoran foto ponsel ini pun menunjukkan hal itu. Ice Universe di Twitter menunjukkan versi OPPO Reno 3 yang memakai lubang kamera di layar. Ya, ala Samsung. Ice Universe juga menyebutkan kalau layar ponsel ini akan mendukung refresh rate sampai 90Hz.

bocoran OPPO reno 3 pro depan
Reno 3 Pro depan (Gambar: Ice Universe | Twitter)

Begitu pun dengan versi OPPO Reno 3 biasa. Ponsel ini menggunakan kamera depan dengan rancangan waterdrop notch. Desain ini terlihat jelas dari foto yang diunggah di Weibo.

OPPO Reno 3 live images
OPPO Reno 3 (Gambar: Weibo)

Hal ini sangat menarik. Desain sirip hiu OPPO membedakan ponsel ini dari ponsel lain yang punya wajah serupa. Kini, kalau desain itu ditinggalkan, tidak ada lagi keunikan secara fisik.

Yah, tapi desain visual memang berbeda dengan desain berbasis pengalaman penggunaan. Itu sebabnya kenapa desain iPhone sangat berpengaruh. Salah satu filosofi desain Johnny Ive adalah “undesign“. Desain fitur terbaik adalah ketika pengguna merasa wajar akan kehadiran fitur tersebut (walau tidak mencolok perhatian).

Ponsel dalam satu “piece” tanpa bagian bergerak akan terasa lebih solid. Sehingga menghilangkan “kekuatiran” di bawah sadar pengguna. Orang-orang pun lebih nyaman memakai apa yang sudah dikenalnya.

Nah, kalau ponsel ini sudah beredar, apakah perubahan desain kamera depan OPPO Reno 3 akan mempengaruhi keputusan kalian untuk membelinya?

    %d blogger menyukai ini: