Ngeri.. OPPO SuperVOOC 240W Bisa Charge Baterai HP 100% dalam 9 Menit

Indri Penulis

OPPO pamerkan teknologi pengisian daya SuperVOOC 240W. Teknologi ini diklaim bisa isi daya HP sampai 100% hanya dalam waktu 9 menit.

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi pengisian cepat kini telah berkembang pesat. Belum lama setelah pengisian cepat kabel 45W di HP terlihat mengesankan, sudah muncul berbagai teknologi pengisian cepat yang lebih tinggi. Ada yang mendukung pengisian cepat 65W, 100W, 120W, sampai 200W (beberapa diantaranya belum debut di pasaran).

Walau pengisian 200W tampak sangat menjajikan dan terlihat yang paling cepat, tapi sepertinya akan ada yang jauh lebih unggul, yakni SuperVOOC 240W milik OPPO.

SuperVOOC 240W adalah teknologi pengisian kabel untuk HP yang dipamerkan OPPO dalam acara MWC 2022 beberapa waktu lalu. OPPO juga turut memamerkan teknologi barunya itu lewat postingan terbaru Twitter-nya.

Seperti yang kamu lihat dalam video di atas, SuperVOOC 240W mampu mengisi baterai HP dari 0% – 100% hanya dalam waktu 9 menit. Sedangkan untuk mengisi baterai sampi 50%, cuma dibutuhkan waktu 3,5 menit. Sayangnya dalam video tersebut nggak disebutkan berapa ukuran baterai yang dipakai uji coba.

Sementara itu, OPPO juga mengumumkan SuperVOOC 150W di acara MWC 2022. Teknologi pengisian tersebut diklaim mampu mengisi baterai 4.500mAh dari 0% – 50% dalam waktu 5 menit, dan 0% – 100% dalam waktu 15 menit.

Kalau SuperVOOC 240W masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut, SuperVOOC 150W kabarnya akan debut pada smartphone OnePlus sekitar Q2 2022.

Di sisi lain, kecepatan pengisian daya yang lebih cepat biasanya akan berpengaruh langsung pada baterai. Semakin tinggi kecepatan pengisian daya, maka semakin cepat pula peningkatan suhu baterai. Efeknya, kesehatan baterai akan berkurang.

Pengisian daya 150W milik OPPO telah dipersenjatai “Battery Health Engine” yang bisa meningkatkan daya tahan baterai. Seperti kebanyakan implementasi pengisian cepat, kecepatan pengisian 150W akan berkurang jika ponsel digunakan secara aktif (pakai ponsel sambil di-charge) untuk mencegah panas berlebih.

Nah tinggal kita lihat nanti di pengisian 240W. Kira-kira strategi apa yang bakal dipakai OPPO mengatasi masalah tersebut. Selain itu kita tunggu saja, apakah pengisian daya 240W akan menjadi kenyataan, atau cuma demo teknologi yang nggak pernah muncul di produk dunia nyata.

    %d blogger menyukai ini: