Orba – Gabungan Semua Alat Musik Dalam Satu Gadget

Artiphone orba

Perusahaan Artiphon telah membuat gadget baru bernama Orba. Gadget ini bisa menggabungkan semua alat musik ke dalam satu wadah kecil.

Apa kalian pernah punya impian untuk bisa memainkan semua alat musik? Hm, tidak ada yang salah dengan impian tersebut. Namun tidak bisa dipungkiri, memainkan alat musik adalah hal sulit.

Apalagi jika memainkan seluruh alat musik. Tentu kalian harus meluangkan banyak waktu, tenaga dan pikiran untuk menguasai berbagai alat musik ya.

Tapi sekarang mempelajari alat musik tidak sulit. Selain menggunakan aplikasi musik, kalian juga bisa memanfaatkan gadget yang ada.

Salah satu gadget yang bisa membuat kalian mahir bermain musik dalam sekejab adalah Orba. Apa itu Orba? Simak penjelasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Gadget Orba

Baru-baru ini perusahaan asal Nashville, Artiphon membuat gadget baru. Gadget tersebut diberi nama Orba. Perangkat ini mampu membuat musik dengan cara unik dan simpel.

Orba adalah perangkat genggam kecil yang pas untuk tangan. Gadget ini menggabungkan synth, looper dan controller dalam satu wadah.

Artiphone orba office

Gadget ini memiliki bentuk seperti jeruk yang dibelah dua. Perangkat ini mengadopsi gaya penggunaan smartphone, yakni swap dan tap.

Setiap gerakan yang diberikan ke perangkat ini akan menghasilkan suara. Suara yang dihasilkan tergantung dengan gerakan yang dilakukan.

Fitur-fitur Orba

Bagian atas dari Orba dibagi menjadi delapan bagian. Setiap bagian memungkinkan pengguna untuk bermain drum, bass, cord, lead layers, record, dan pause.

Sementara itu, bagian pusat berbentuk lingkaran dan terdapat logo Artiphon di sana. Bagian tersebut berfungsi sebagai tombol menu.

Artiphone orba hands-on

Alat ini dibekali synth dan speaker bawaan, sehingga bisa dimainkan langsung. Selain itu, Orba juga bisa memutar musik jika dihubungkan melalui MIDI, Bluetooth atau USB-C ke smartphone.

Artiphon mengungkapkan bahwa gadget ini kompatibel dengan berbagai aplikasi musik. Beberapa aplikasi musik yang kompatibel dengan Orba adalah GarageBand, FL Studio dan Ableton Live.

Oya, selain smartphone, Orba juga bisa digunakan pada headphone. Pengguna cukup menghubungkan kabel headphone ke Orba. Setelah itu pengguna bisa mengkreasikan musik yang ada.

Cara Menggunakan Orba

Meski sangat kecil, tapi Orba sangat sensitif dengan gerakan sekitar. Gadget ini telah dibekali accelerometer dan giroskop, sehingga bisa merespon gerakan dengan sangat cepat.

Pengguna bisa menggesek jari di permukaan untuk memutar suara dengan intensitas berbeda. Pengguna juga dapat menggoyangkan jari sambil menekan pad, untuk menambah beberapa getaran.

Artiphone orba dance

Oya, pengguna bisa mengetuk gadget untuk membuat suara bass atau drum. Uniknya, alat ini juga bisa diayunkan ke udara untuk menghasilkan suara gitar. Hm, cukup menarik ya.

Harga dan Ketersediaan

Saat ini, pemesanan Orba baru bisa dilakukan secara pre-order di situs Kickstarter. Gadget ini dibanderol dengan harga $89 atau sekitar Rp 1,2 juta.

Jika kalian melakukan pre-order sekarang, pengiriman baru akan dilakukan April 2020. Hm, kira-kira Orba akan masuk ke Indonesia atau tidak ya?

Artiphone orba


Deskripsi
Synthesizer, Looper, Controller
Merk
Artiphon
Harga
US $89