Zoom Menghadirkan Avatar dan Ini Cara Pakai Fitur Tersebut

Anom Penulis

Zoom meluncurkan fitur avatar pada aplikasi konferensi video mereka. Sekarang kamu bisa bersenang-senang dengan menggunakan wajah binatang sebagai avatar baik di rapat, webinar, atau di kelas online.

Zoom memperkenalkan fitur baru ini melalui blog resmi. Mereka menyebutkan kalau avatar binatang virtual ini akan menggantikan kehadiranmu dan tetap akan mengikuti gerakan dan ekspresi wajah.

Mereka juga menyebutkan kalau fitur ini tidak hanya seru, tapi juga berguna buat mereka yang hadir di pertemuan online dan tidak ingin terlihat bentuk aslinya, namun tetap ingin bisa menampilkan gerakan dan ekspresi.

Zoom mengatakan kalau fitur ini menggunakan tangkapan kamera untuk mendeteksi gerakan dan ekspresi. Namun, rekaman wajahmu hanya berada di aplikasi pada perangkat dan tidak tersimpan di server Zoom.

Saat ini memang baru ada avatar hewan yang tersedia. Nantinya Zoom akan menambahkan lebih banyak variasi avatar lain di aplikasi.

Saat artikel ini ditulis, fitur avatar tersedia di aplikasi Zoom untuk macOS, Windows dan perangkat iOS. Pastikan kalau aplikasi sudah memiliki versi 5.10.0 atau lebih baru. Kemudian fitur baru ini juga harus diaktifkan oleh pemilik pertemuan atau admin.

Cara mengaktifkan avatar Zoom

  1. Pastikan kamera menyala dan fitur video di pertemuan aktif.
  2. Pada bilah peralatan di bawah, tekan pilihan ‘Stop Video’.
  3. Kemudian pilih ‘Choose Virtual Background’ atau ‘Choose Video Filter’.
  4. Buka tab ‘Avatar’ dan pilih karakter yang ingin kamu pakai.
  • mengaktifkan avatar zoom
  • mengaktifkan avatar zoom

Fitur avatar ini menambah lengkap fitur Zoom yang sebelumnya sudah menghadirkan Virtual Background, filter, dan Immersive Scene. Selain itu, fitur ini juga membuat aplikasi Zoom tambah seru dan nggak serius-serius amat (si Amat aja nggak serius).

Tapi tentunya, kamu harus mengerti kapan memakai fitur avatar ini dan kapan tidak. Kalau memang pertemuan online itu bersifat formal, ya lebih baik tetap menampilkan wajah (siapa tahu admin lupa menon-aktifkan fitur ini).

Nah, selamat mencoba.

    %d blogger menyukai ini: