Cara Pakai Fitur “Teks ke Suara” Microsoft Word untuk Baca Dokumen

Anom Penulis

Apa kamu sedang mencari tahu bagaimana memakai fitur ‘Text to Speech’ (Teks ke Suara) atau ‘Read Aloud’ di Microsoft Word? Kalau iya, di sini saya akan memaparkan cara menggunakan suara robot itu untuk membaca dokumen.

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah fitur ‘Teks ke Suara’ di Microsoft Word disebut dengan ‘Read Aloud’. Fitur ini lebih dari sekedar untuk kepentingan belaka. Banyak fungsinya.

Kamu bisa memakainya untuk membaca dokumen ketika kamu sibuk melakukan hal lain, kamu bisa menggunakannya untuk mengecek apakah tulisan yang kamu ketik enak dibaca, atau kamu bisa merekamnya untuk nanti kamu gunakan sebagai voice over di video.

Yang Harus Kamu Perhatikan

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum menggunakan fitur ubah teks jadi suara ini. Jadi perhatikan baik-baik.

Pertama, Microsoft menyebutkan kalau fitur ‘Read Aloud’ hanya tersedia pada Microsoft Office 2019, Microsoft Office 2021, Microsoft 365, dan versi yang lebih baru. Versi ini juga termasuk Microsoft Office Online.

Kedua, pastikan setelan bahasa untuk dokumen yang kamu tulis ada dalam bahasa yang sesuai. Kamu bisa klik tombol bahasa yang ada di bilah bawah untuk kemudian memilih bahasa yang kamu pakai di dokumen (kalau kamu mengetik dalam bahasa Inggris ya pilih English, kalau mengetik dalam Bahasa Indonesia ya pilih Bahasa Indonesia / Indonesian).

Pemilihan bahasa ini bisa berbeda sesuai aplikasi. Misalnya, di Microsoft Online, kamu bisa memilih bahasa sesuai seleksi atau seluruh dokumen bersangkutan. Sementara di aplikasi Microsoft Word desktop, mungkin kamu harus menyeleksi semua kata baru menentukan bahasanya.

Teks ke Suara di Microsoft Word

Langkah memakai fitur teks ke suara di Microsoft Word pada umumnya sama saja di semua versi. Namun, ada sedikit perbedaan tampilan antara versi desktop dan online. Lalu sekali lagi, fitur ini bernama ‘Read Aloud’ di Microsoft Office.

Fitur ‘Read Aloud’ di MS Word Online

  1. Buka dokumen yang ingin kamu “baca”.
  2. Tekan tab ‘View‘ di menu (ribbon).
  3. Masuk ke mode imersif dengan klik ‘Immersive Reader‘ di ribbon.
  4. Klik tombol ‘Play‘ di bawah untuk mengaktifkan ‘Read Aloud’.
    • Kamu bisa klik tombol Setting di sebelahnya untuk mengatur kecepatan baca dan jenis suara (laki-laki atau perempuan).

Fitur ‘Read Aloud’ di MS Word Desktop

  1. Buka dokumen yang ingin kamu “baca”.
  2. Buka dokumen yang ingin kamu “baca”.
  3. Tekan tab ‘View‘ di menu (ribbon).
  4. Masuk ke mode imersif dengan klik ‘Immersive Reader‘ di ribbon.
  5. Tekan tombol ‘Read Aloud‘ di ribbon.
  6. MS Word akan memunculkan player tempat kamu bisa mengontrol dan mengatur setelan pembaca, juga akan langsung membaca dokumenmu.

Mungkin kamu akan menemukan tampilan yang berbeda, karena pada gambar di atas, saya menggunakan aplikasi Microsoft Word untuk macOS. Lalu, pilihan suara robot untuk ‘Read Aloud’ MS Word juga mungkin berhubungan dengan fitur aksesibilitas (Accessibility) di sistem operasi bersangkutan.


Nah, itulah cara menggunakan fitur ubah teks jadi suara di Microsoft Word. Gampang kan?

Menurut saya, versi di MS Word Online lebih gampang dipakai. Jadi pastikan kamu mengetik dengan masuk ke akun Microsoft agar dokumen bisa tersimpan secara otomatis di penyimpanan cloud OneDrive. Dengan begitu, kamu bisa mengaksesnya lebih mudah di mana saja.

    %d blogger menyukai ini: