Durasi Panggilan Video di Google Meet Gratis Kini Dibatasi Cuma 1 Jam

Google resmi akhiri panggilan video “unlimited” di layanan gratisannya. Sekarang, durasi panggilan video Google Meet gratis cuma 1 jam doang!

Wacana Google untuk mengakhiri durasi panggilan video yang tak terbatas di layanan Google Meet gratis memang sudah ada sejak tahun lalu.

Awalnya, Google Meet dibuka untuk pengguna non-perusahaan (semua kalangan) pada April 2020, tujuannya untuk bersaing dengan Zoom. Waktu itu, Google berjanji kalau fitur durasi rapat unlimited bakal ada hingga 30 September 2020. Tapi Google memutuskan untuk memperpanjang sampai Maret 2021, dan yang terakhir pada akhir Juni lalu.

Dilansir dari 9to5google, sebelum akhir Juni lalu, durasi panggilan video grup di Meet masih cukup lama yakni 24 jam. Tapi sekarang berbeda. Buat pengguna gratisan, kamu mungkin bakal gigit jari karena durasi panggilan video di Google Meet ‘diminimalisir’ jadi jauh lebih pendek.

Sumber : The Verge

Buatmu pengguna gratisan, kamu sekarang hanya bisa melakukan panggilan video satu lawan satu dengan durasi maksimal selama 24 jam.

Sementara untuk panggilan video dengan jumlah peserta lebih dari 3, durasinya cuma dibatasi 1 jam. Nanti di menit ke 55, kamu bakal dapat notifikasi kalau panggilan akan berakhir. Untuk memperpanjang durasi panggilan, host bisa meng-upgrade akun Google mereka. Kalau tidak, panggilan akan berakhir dalam 60 menit.

Khusus buat pelanggan Google Workspace Individual, kamu bisa melakukan panggilan video satu lawan satu atau dengan 3 peserta/lebih hingga 24 jam.

Sebenarnya agak disayangkan juga sih. Mengingat di era pandemi dan diberlakukannya masa PPKM Darurat seperti saat, aplikasi meeting online seperti Google Meet tentunya sangat dibutuhkan.

Layanan rapat grup dengan durasi tanpa batas juga sangat membantu. Sebab orang-orang bisa melakukan meeting atau video call dengan orang lain sepuasnya, tanpa perlu takut panggilan terputus di tengah jalan karena durasinya sudah habis.

Di sisi lain, kalau durasi panggilan video gratisan cuma dibatasi 1 jam, pasti bakal kurang banget dong. Apalagi kalau yang dibahas dalam rapat adalah rencana-rencana besar perusahaan, ‘1 jam bisa dapat apa?’

Hm, boleh dibilang, mungkin ini adalah siasat halus dari Google supaya pengguna gratisan ‘mau nggak mau’ hijrah ke layanan berbayar.

Tapi yah, mau bagaimana lagi. Toh, aplikasi meeting online lain seperti Zoom dan Microsoft Teams juga sama-sama tidak ‘gratis.’ Untuk mendapatkan durasi panggilan sepuasnya, pengguna juga masih harus merogoh kocek tambahan.

Nah, sekarang karena beberapa layanan gratisan sudah mulai dihilangkan (atau diminimalkan lah), mungkin ini nih yang bikin penasaran. Kira-kira layanan mana yang bakal lebih sering dipakai orang ya?

%d blogger menyukai ini: