Google Meet Gratis Diperpanjang Sampai Maret 2021

Google Meet siap membawa perubahan yang kurang mengenakkan. Kalau awalnya gratis, sempat beredar rumor kalau Google Meet gratis hanya berlaku selama 1 jam mulai 1 Oktober (update di bagian bawah)

Google Meet adalah salah satu layanan aplikasi video call terpopuler di dunia. Aplikasi besutan Google ini kabarnya sempat bakal menggantikan eksistensi Google Duo.

Sejak April lalu, Meet menawarkan fitur rapat online secara gratis. Jadi pengguna bisa melakukan video konferensi dengan banyak orang tanpa dipungut biaya apa pun.

Namun ada kabar mulai 1 Oktober mendatang, pengguna Google Meet mungkin bakal kecewa. Karena mulai tanggal itu, Google Meet gratis hanya akan berlaku selama 1 jam.

Mulai Oktober, Google Meet Gratis Hanya 1 Jam

Jadi mulai dari tanggal 1 Oktober 2020, Meet versi gratis akan membatasi panggilan. Panggilan gratis (bebas bayar) nanti hanya bisa dinikmati selama 60 menit atau 1 jam saja. Berbeda dengan sebelumnya, di mana pengguna bisa memakai Meet secara gratis sepuasnya.

Google Meet Gratis
Sumber Gambar : Google

Selain itu mulai 1 Oktober, pengguna Meet gratisan juga tidak akan bisa menggelar video call bersama ratusan orang. Padahal sebelumnya, pengguna bisa menggelar video call dengan 250 orang sekaligus secara gratis.

Mungkin buat yang sudah tahu, kalian pasti tidak akan kaget ketika membaca artikel ini. Karena dari jauh-jauh hari (April 2020), perusahaan sudah mengatakan jika fitur berbayar Meet hanya bisa dipakai gratis sampai akhir September 2020.

Namun dikutip dari The Verge, sampai sekarang Google masih belum memberi penjelasan apa pun. Kesannya, Google masih akan mengikuti kebijakan yang mereka umumkan April lalu.

Kami belum punya informasi yang disampaikan terkait perbuahan promosi, dan fitur yang akan berakhir. Jika ada perubahan, kami pasti akan sampaikan ke kalian,” kata juru bicara Google ke The Verge.

Kalau benar Meet versi bebas bayar hanya tersedia selama 1 jam, menurut saya ini akan menjadi boomerang untuk Google. Karena sudah dipastikan, pengguna bakal beralih ke aplikasi video call lain yang tetap gratis.

Katakanlah seperti aplikasi Messenger Room dan Zoom. Kedua aplikasi ini bisa dipakai video call dengan ratusan orang secara gratis.

[UPDATE] Meet Gratis Diperpanjang Sampai 2021

Pada tanggal 29 September kemarin, Google akhirnya mengeluarkan keputusan mereka untuk Google Meet. Keputusan ini disampaikan langsung Google Blog.

Perusahaan memutuskan melanjutkan dukungan Meet gratis (24 jam) sampai 31 Maret 2021, untuk akun Gmail. Jadi kalian bisa bebas memakai semua fitur lengkap Meet sampai tahun depan. Masih lumayan lama ya.

%d blogger menyukai ini: