Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Gabung Rivalnya, Huawei Patenkan Ponsel dengan Kamera Bawah Layar

Indri Penulis

Akhirnya susul pesaingnya, Huawei kini kabarnya telah mematenkan ponsel dengan kamera bawah layar. Beginilah konsep desainnya.

Ngomongin soal ponsel dengan teknologi kamera di bawah layar, sampai sekarang cuma ZTE satu-satunya perusahaan yang secara komersial menjual ponsel dengan kamera selfie di bawah layar (bahkan sekarang mereka mau rilis generasi keduanya).

Sejak ZTE meluncurkan Axon 20 5G sebagai ponsel dengan kamera di bawah layar pertama di dunia, beberapa vendor smartphone seperti Samsung, Xiaomi dan Vivo, kabarnya juga bersiap buat meluncurkan produk dengan teknologi serupa.

Bergabung dengan jajaran perusahaan di atas, Huawei telah patenkan konsep ponsel dengan teknologi kamera di bawah layar. Paten ini diajukan Huawei ke China National Intellectual Property Administration (CNIPA).

Situs LetsGoDigital pun nggak mau tinggal diam. Setelah mereka melihat dokumen resmi dari paten yang diajukan Huawei, mereka langsung bikin render ponsel tersebut. Seperti inilah penampakan rendernya.

kamera bawah layar huawei
Sumber : LetsGoDigital

Melihat gambar di atas, tak sedikit pihak yang berasumsi kalau ponsel ini nantinya bakal masuk dalam segmen midrange. Sebab pas dilihat, secara keseluruhan ponsel ini justru mirip seperti Honor X20 SE (yang notabene ponsel midrange).

Tapi kembali lagi, gambar paten nggak bisa dijadikan acuan apa pun. Meski Huawei sudah mengajukan paten, belum tentu ponsel ini bakal benar-benar muncul di pasaran. Kalau pun benar-benar rilis, belum tentu juga desainnya persis seperti render yang dibikin LetsGoDigital.

Di sisi lain, kalau semua perusahaan yang dirumorkan di atas benar-benar jadi merilis ponsel dengan kamera di bawah layar, itu artinya perang panas antar ponsel UPC (Under Panel Camera) akan dimulai. Ini juga menandai babak baru setelah bertahun-tahun kita melihat perang antar ponsel layar lipat.