Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Samsung, Xiaomi, Dll, Siap Rilis Smartphone Kamera Bawah Layar 2021

Indri Penulis

Sejumlah vendor kabarnya tengah menyiapkan smartphone kamera bawah layar untuk tahun 2021. Siapa saja vendor-vendor tersebut?

Fenomena smartphone dengan kamera bawah layar, mungkin masih asing untuk kebanyakan orang. Ya, sebab yang punya fitur seperti ini baru ZTE Axon 20 5G saja.

Walau masih jarang, tidak menutup kemungkinan kalau smartphone dengan kamera bawah layar bakal booming. Apalagi persaingan panas sepertinya akan segera dimulai. Sebab beberapa vendor digosipkan bakal mendebutkan smartphone kamera bawah layar di tahun 2021.

Smartphone Kamera Bawah Layar 2021

Dikutip dari GSMArena, vendor seperti Samsung, Xiaomi, OPPO, Vivo, ZTE dan Meizu diprediksi akan menampilkan ponsel dengan kamera di bawah layar tahun ini. Perilisan mungkin akan dilakukan di paruh kedua tahun ini.

Sementara menurut Ice Universe, Xiaomi akan menanamkan fitur ini ke dalam ponsel Mi Mix 4. Sementara vendor lain seperti Samsung dan OPPO bakal memakaikannya ke ponsel lipat.

Khusus buat Samsung, kemungkinan kamera di bawah layar akan ditanamkan ke dalam Samsung Galaxy Z Fold 3, sesuai rumornya. Di sisi lain, perusahaan juga sempat menggoda penggemar soal kamera bawah layar. Bukan untuk ponsel, tapi fitur ini bakal dipakai pada laptop.

Beralih ke vendor Vivo. Rumornya, perusahaan ini akan menghadirkan kamera di bawah layar lewat Vivo NEX 5. Smartphone ini diprediksi meluncur pada paruh kedua tahun ini.

Sementara ZTE yang notabene pelopor smartphone under-display camera, telah mengkonfirmasi jika ponsel ZTE Axon 30 akan menghadirkan kamera bawah layar generasi berikutnya. Sayangnya, perusahaan belum merilis detil lebih lanjut tentang itu.

Wah, kalau semua vendor di atas benar-benar ‘jadi’ meluncurkan ponsel dengan kamera di bawah layar tahun ini, dapat dipastikan kalau persaingan smartphone under-display camera bakal dimulai dengan ketat.