Apple Pencil Bisa Punya Sensor Untuk Ambil Warna Dari Benda Di Sekitar

Warna yang akurat selalu jadi permasalahan tersendiri bagi seorang desainer. Apple kelihatannya berusaha menanggulangi hal ini. Apple Pencil nantinya bisa punya sensor untuk mendeteksi dan mengambil warna dari berbagai benda yang ada di sekitar kita.

Hal tersebut ditunjukkan dari paten yang didaftarkan Apple pada tanggal 12 November 2019 dan dipublikasikan oleh badan paten Amerika (USPTO). Paten itu memiliki judul “Computer System With Color Sampling Stylus.”

Deskripsi paten itu menyebutkan sebuah perangkat seperti pena stylus komputer dengan sensor warna. Sensor itu bisa punya detektor fotografis yang mengukur cahaya untuk berbagai warna berbeda. Sensor itu juga bisa punya perangkat yang memancarkan cahaya. Dengan begitu sensor bisa menangkap pantulan dan menentukan warna obyek bersangkutan.

Kemudian paten itu menggambarkan perangkat yang serupa pensil. Termasuk punya dua ujung, yang satu untuk bekerja di layar sentuh dan ujung lainnya menjadi letak sensor warna tersebut.

ilustrasi paten sensor Apple Pencil
ilustrasi paten sensor Apple Pencil

Lebih jauh lagi, paten itu juga menyebutkan kalau pena stylus ini akan mendeteksi warna, lalu meletakkan warna itu di dalam aplikasi gambar di perangkat lain (dalam hal ini tentu saja iPad).

Yang tidak kalah menarik. Apple juga menyatakan kalau sensor warna di pena stylus ini mungkin juga dipakai untuk membantu kalibrasi warna di layar monitor, printer, bahkan juga membuat pengukuran yang berhubungan dengan kesehatan.

Saat ini sensor warna optikal memang sudah ada. Namun kalau Apple menerapkan teknologi ini di pena stylus-nya, maka fungsi Apple Pencil akan benar-benar lebih praktis. Bayangkan kita sedang jalan-jalan dan menemukan warna menarik. Dengan cepat kita bisa mengambil warna itu, bahkan bisa membuat sketsa supaya tidak lupa.

Memang pendaftaran dan publikasi paten seperti ini tidak menjamin sebuah teknologi akan benar-benar hadir dalam sebuah produk. Tapi harus diakui kalau konsep ini sangat menarik.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: