Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Weh.. OPPO Patenkan Teknologi Pembuka Kunci Pakai Pembuluh Darah

Gambar: OPPO
Indri Penulis

Keren banget! OPPO kabarnya telah resmi mematenkan teknologi unik yang dapat membuka kunci menggunakan  pembuluh darah.

Selama ini aktivitas ‘paten-mematenkan’ teknologi baru memang sudah sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan teknologi.

Yah meski akhirnya nggak semua teknologi yang dipatenkan itu rilis di pasaran, tapi nggak bisa dipungkiri kalau ide yang mereka hasilkan biasanya sangat canggih, cemerlang dan nggak jarang ‘out of the box.

Contoh yang paling sering mamatenkan teknologi dengan ide-ide gilanya adalah Vivo. Juli lalu, Vivo baru saja mematenkan kamera terbang di smartphone yang mirip drone mini. Mereka juga pernah mengajukan paten untuk ponsel NEX, yakni ponsel yang bisa dilipat, digulung dan digeser.

Saingan Vivo, OPPO juga sepertinya nggak mau kalah. Baru-baru ini OPPO kabarnya telah mematenkan teknologi baru yang bisa dipakai pada perangkat wearable masa depan.

Teknologi terbaru dari OPPO ini memiliki nomor paten “CN110298944B,” dengan penjelasan “Metode Pembukaan Vena dan Perangkat Pembuka Vena.”

Sumber : GSMArena

Sebenarnya OPPO telah mengajukan paten ini sejak tahun 2019. Namun paten tersebut baru disetujui tahun ini. Sesuai penjelasannya, paten OPPO ini berupa teknologi pembuka kunci biometric berbasis vena / pembuluh darah.

Boleh dibilang, teknologi ini mungkin mirip dengan sistem Hand ID bikinan LG. Teknologi ini mampu membuka kunci dengan memetakan ketebalan dan karakteristik pembuluh darah si pengguna.

Sayangnya untuk saat ini detil soal teknologi OPPO tersebut belum diketahui. Tapi kemungkinan besar, teknologi ini bakal dipakai ke sejumlah aplikasi di berbagai produk elektronik OPPO (terutama produk wearable).

Hmm.. Semoga teknologi ini benar-benar mampu rilis di pasaran ya. Biar nggak seperti paten-paten lainnya yang tak jelas nasibnya.